Tuesday, April 12, 2022

Jam Manggung Burung Perkutut Menandakan Punya Khodam Gaib Keberuntungan

Perkutut diyakini mempunyai khodam gaib keberuntungan (ilustrasi: Ist)
GEMAWILIS | KABAR SATWA -
Perkurut merupakan salah satu burung yang masih dianggap mempunyai mistis gaib oleh sebagian masyarakat di Jawa, meski kepercayaan itu sendiri lebih diyakini oleh orang-orang jaman dulu.

Masyarakat jawa mempercayai bahwa beberapa burung perkutut mempunyai khodam sehingga bisa membawa keberuntungan jika dipelihara. Tuah gaib burung perkutut dianggap bisa memberi perlindungan bagi penghuni rumah.

Karena itu, burung perkutut yang dianggap mempunyai khodam masih dicari oleh masyarakat untuk dipelihara karena dipercaya mampu menjadi penangkal bala dari berbagai serangan energi negatif.

Adapun untuk mengetahui tuah gaib pada burung perkutut yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan, orang-orang jaman dulu menandainya dengan cara mengetahui saat perkutut manggung atau berkicau.

Berdasarkan informasi dari banyak sumber, primbon kejawen atau ilmu jawa, berikut tanda-tanda yang bisa dijadikan untuk mengetahui bahwa perkutut mempunyai khodam yang bersemayam antara lain,

Manggung Pada Waktu Tak Lazim

Diyakini bahwa, jika seekor burung perkutut bunyi pada waktu yang tak lazim secara berulang. Seperti manggung pada waktu dini hari, semisal jam 2 malam, dipercaya burung perkutut memiliki khodam sebagai pendamping penarik rezeki dan perlindungan.

Dalam hal ini biasanya orang yang memelihara perkutut akan merasakan hal aneh atau terasa ada yang tidak beres jika perkutut manggung pada jam-jam tesebut, jam tidak biasanya. Hal itu dikarenakan bahwa perkutut memiliki tuah gaib.

Tetapi jika ada hal aneh dirasakan dan enggan untuk memelihara perkutut yang bunyi pada waktu tak lazim baiknya melepaskannya atau memberikan kepada seorang lain sebab tidak semua perkutut memiliki aura baik.

Namun jika masih bersikeras untuk memeliharanya, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada pakar spiritual untuk mengetahui khodam pendamping yang bersemayam pada perkutut apakah memiliki aura baik atau malah sebaliknya.

Khodam Datang Lewat Mimpi

Selain dengan penanda bunyi, khodam pada burung perkutut biasanya juga datang lewat mimpi. Namun ini hanya dimiliki oleh burung perkutut yang sudah dipelihara cukup lama oleh tuannya.

Untuk mengetahui khodam pendaping pada perkutut, caranya pun tidak terlalu sulit dan tidak perlu menggunakan benda-benda pusaka bertuah gaib. Namun cukup hanya dengan tidur bersebelahan dengan perkutut.

Caranya adalah cukup berniat dalam hati untuk melihat khodam pada perkutut lalu tidur di ruangan yang sama dan atau bersebelahan dengan sangkar burung perkutut.

Perkutut Datang Tanpa Dicari

Fenomena lainnya adalah burung perkutut datang sendiri tanpa harus membeli atau mencari. Sebab khodam perkutut tidak bisa dipaksa, ia akan datang sendiri dan menghampiri orang yang dirasa cocok untuk memeliharanya.

Jika ada burung perkutut liar masuk ke dalam rumah atau datang di sekeliling rumah sambutlah dengan baik, siapkan sangkar, makanan, dan minuman yang layak.

Diyakini perkutut yang masuk kedalam rumah apalagi rumah dalam kondisi tertutup merupakan burung perkutut yang membawa atau memiliki khodam keberuntungan sebagai penarik rezeki karena perkutut sengaja masuk ke dalam rumah untuk memilih tuannya yang baru.

Itulah keunikan dan kemistisan pada burung perkutut yang masih banyak dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa. Boleh dipercaya dan boleh tidak, semua kembali kepada keyakinannya masing-masing. Karena sebagai umat yang beragama sudah selayaknya kita hanya percaya kepada yang Maha Esa. (SR/Tim/gw)