Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Saturday, January 15, 2022

Kasus Pertama Omicron Terdeteksi di Kabupaten Madiun, Satu Warga Dirawat di RSUD Dolopo

Varian baru Covid-19 Omicron terdeteksi di Kabupaten Madiun, seorang warga dinyatakan positif setelah pulang dari luar negeri.
GEMAWILIS, Madiun -
Kasus pertama virus Covid-19 varian Omicron terdeteksi di Kabupaten Madiun setelah seorang warga Kecamatan Dagangan berinisial S (25) yang merupakan seorang pekerja migran Indonesia (PMI) dan baru pulang dari Hong Kong dinyatakan positif.

Direktur Utama RSUD Dolopo Kabupaten Madiun, dr Purnomo Hadi mengatakan, pasien saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Dolopo. "Yang bersangkutan menjalani isolasi di RSUD Dolopo sejak 7 Januari 2022, "katanya, Jumat (14/1/2022).

Ia menjelaskan, temuan kasus pertama di Kabupaten Madiun itu berawal saat pasien melakukan rapid test di puskesmas wilayah tempat tinggalnya. Setelah dites antigen hasilnya positif, kemudian pihak puskesmas merujuk yang bersangkutan ke RSUD Dolopo.

Setelah ditangani oleh RSUD Dolopo kemudian yang bersangkutan dilakukan PCR dan dikirim ke Surabaya. Hal itu mengingat riwayat yang bersangkutan merupakan seorang PMI yang baru saja pulang dari Hong Kong.

"Berdasarkan hasil tes dari Surabaya diduga kuat pasien positif terpapar varian Omicron, "katanya.

Namun demikian, dr Purnomo Hadi mengatakan meski terdeteksi positif Omicron, saat ini kondisi pasien sangat baik. Bahkan yang bersangkutan tidak mengalami gejala apapun saat diketahui terpapar Omicorn hingga saat ini menjalani isolasi.

Atas temuan kasus pertama Omicron di Kabupaten Madiun tersebut, pihak RSUD Dolopo terus melakukan koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Madiun dan Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, saat ini RSUD Dolopo menyediakan sebanyak 162 tempat tidur guna mengantisipasi meningkatnya penularan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Madiun. (ant/Tim/gw)





Rekomendasi