Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Tuesday, November 2, 2021

Jual Minol di Tempat Karaoke, THM di Mejayan Disegel Petugas

Suasana saat penyegelan tempat hiburan malam di Kecamatan Mejayan (Fot: Ist)
GEMAWILIS, Madiun -
Sebuah tempat hiburan malam (THM) di Jalan Raya Madiun-Nganjuk masuk Desa Kaligunting, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, ditutup oleh petugas karena telah melanggar peraturan atau menyalahi Perda.

Penutupan THM (ruko tempat karaoke) tersebut dilakukan oleh Penyidik pegawai negeri sipil (PPNS), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), DPMPTSP, Disparpora, dan pihak kepolisian di Kabupaten Madiun pada Senin (1/11/2021).

Menurut Kabid Penegak Produk Hukum Daerah (PPHD) Kabupaten Madiun, Danny Yudi Satriawan, mengatakan penutupan THM itu buntut dari razia yang dilakukan oleh Satpol PP pada akhir tahun 2019 silam. Saat itu Satpol PP selalu penegak Perda Pemerintah Kabupaten Madiun mendapati tempat karaoke di desa Kaligunting itu menjual minuman beralkohol (minol).

Kemudian pertugas Satpol PP memberi peringatan kepada pemilik THM, namun pemilik tempat usaha tersebut tetap saja membuka tempat karaoke dan terus menjual minol hingga akhirnya izin usahanya dicabut pada 2020.

Karena tidak terima dengan sanksi yang diberikan oleh petugas, pihak manajemen THM kemudian melalukan upaya hukum dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Surabaya.

Namun, upaya hukum yang dilakukan pihak THM tidak berhasil dan pengadilan memenangkan pihak tergugat, yakni Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Madiun.

"Kita akan melihat kedepan, apakah pemilik usaha akan memproses perijinan atau bagaimana. Yang pasti keputusan hari ini sudah final bahwa sudah di tutup, pencabutan izinnya. Putusannya April 2021 lalu tapi kami baru menerima salinannya kemarin, kemudian langsung dilakukan penyegelan, "kata Danny Yudi Satriawan. (Tim/gw)

Rekomendasi