Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Friday, November 12, 2021

Bantu Petani Agar Harga Porang Tidak Anjlok, Pemkot Madiun Akan Buka Restoran Porang

Pemkot Madiun siapkan lahan budidaya porang di dataran rendah dan kedai makanan olahan porang di area PSC (Fot: rri)
GEMAWILIS, Madiun -
Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun akan melakukan kerjasama dengan para petani porang dan dinas perdagangan untuk membuka pusat kuliner yang menjual makanan berbahan dasar dari porang.

Restoran atau kedai makanan itu nantinya akan ditempatkan di pusat kota di sekitar Pahlawan Street Center (PSC) dan akan mengajak pihak ketiga untuk bekerjasama dalam mendirikannya.

Menurut Walikota Madiun, Maidi, kemungkinan rencana tersebut akan direalisasikan sebelum akhir tahun ini. Ia mengaku jika konsep tersebut telah dibicarakan dengan kelompok tani maupun Dinas Perdagangan setempat.

Maidi mengatakan, yang menanam porang selama ini adalah Kabupaten Madiun tapi nanti yang mengolah dan menjualnya kota. Slain untuk mengenalkan kuliner sehat kepada masyarakat, ia juga ingin membantu para petani porang agar harganya tidak anjlok di pasaran.

"Jadi yang menanam porang itu Kabupaten Madiun, tapi kita yang mengolah dan menjualnya, "kata Walikota usai Peresmian Demplot Budidaya Porang di Ngrowo Bening, Selasa (9/11/2021).

Maidi menambahkan, makanan berbahan porang itu sehat karena non kolestrol. Meski harganya agak mahal, namun menurut Walikota rasanya juga enak.

"Makanan dari porang sehat karena tanpa kolesterol. Walaupun mahal, tapi enak. Jadi nanti di tengah kota sudah kita konsep akan ada restoran hasil dari produk porang. Seperti nasi pecel porang, lempeng porang, rendang porang, itu tanpa lemak semua, "ungkapnya.

Sementara, untuk mewujudkan restoran yang menjual aneka kuliner olahan porang tersebut, tidak menutup kemungkinan pemkot akan bekerja sama dengan Pemkab Madiun untuk mendistribusikan porang yang berkualitas. (Tim/gw)

Rekomendasi