Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Friday, November 26, 2021

Bakti Wilis, Aksi Tanam Serentak di 5 Kabupaten Selingkar Wilis

Bibit pule untuk ditanan di 5 Kabupaten yang ada di daerah Selingkar Wilis.
GEMAWILIS, Kediri -
Konsorsium Pelestari Kawasan Wilis menggelar aksi tanam secara serentak di 5 Kabupaten selingkar Wilis. Agenda bertajuk Bakti Wilis dilakukan sebagai bentuk aksi melawan perubahan iklim sekaligus memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November 2021.

Ketua Umum Pelestari Kawasan Wilis, Tofan Ardi mengatakan kegiatan ini melibatkan berbagai komunitas yang memiliki komitmen sama terhadap pelestarian Wilis. Secara swadaya, semua komunitas menggelar gotong royong berskala besar untuk aksi #SaveWilis, dan puncak acara Bakti Wilis akan digelar 27 - 28 November 2021, bertempat di Taman Kelir, Desa Joho, Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.

Kenapa di Kediri? Ditanya demikian, pria warga Nganjuk ini mengatakan Spirit Kembali Kediri setidaknya menjadi pengingat, sebab hanya dengan kembali Kediri kita masing-masing, maka kita bisa memaknai Wilis bukan sekedar nama Gunung, melainkan menjadi bagian dari nafas kehidupan masyarakat di Tunggal Rogo Mandiri yakni Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, Nganjuk dan Kediri

"Laju Deforestasi di Pegunungan Wilis yang berada di 5 kabupaten ini sudah mulai mengkhawatirkan, sehingga kegiatan reforestasi melalui aksi menanam pohon ini diharapkan mampu menjadi penyeimbang, "ujarnya.

Hal senada di ungkapkan Ketua Panitia Bakti Wilis Kediri, Joko Suprayitno mengatakan acara puncak Bakti Wilis Kediri 2021 ini tidak sekedar seremonial belaka, melainkan bagian dari upaya mitigasi pengurangan resiko bencana hidrometrologi (banjir, tanah longsor dan kekeringan) yang selama ini terjadi di pegunungan wilis.

"Aksi ini juga dihadiri 82 Komunitas dari berbagai unsur, mulai dari Komunitas Pendaki, Mahasiswa Pecinta Alam, FPRB Kab / Kota Kediri, Pemuda Pecinta Alam hingga Komunitas Land Cruiser dari Gunung Bromo, "imbuhnya.

Agenda puncak peringatan Bakti Wilis di Kediri ini didukung sepenuhnya oleh Pemkab Kediri, BPBD Provinsi Jawa Timur, BPBD Kab/Kota Kediri serta sejumlah pihak sponsor seperti Telkomsel, Bank Jatim, Eco Niaga, Republik Durian, Ekspedisi Berkah Mandiri, serta Yayasan Awan Bumi Karya Sejahtera.

"Acara Bakti Wilis Kediri di gelar selama 2 hari dengan peserta yang telah registrasi mencapai 400 orang, "ujar pria yang juga menjadi Ketua Pelestari Kawasan Wilis Kabupaten Kediri ini kepada media.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan massa, lanjutnya, maka peserta akan di bagi menjadi 2 gelombang. Yakni, Gelombang pertama terdiri dari para pendaki akan tiba hari Sabtu, 27 November 2021, dan langsung mendaki ke puncak Limas dengan membawa bibit untuk di tanam di sepanjang jalur pendakian.

"Acara Minggu pagi, secara seremonial akan di hadiri oleh peserta umum, sekaligus penanaman di sepanjang Hutan lindung kawasan Kelir, "tutur pria yang aktif sebagai Ketua Wana Rescue ini.

Agenda Bakti Wilis secara serentak juga di gelar di Ponorogo, di Desa Pintu, Kecamatan Jenangan. Di Madiun, acara penanaman dilakukan di lahan kritis di Desa Kare, Kecamatan Kare dengan titik kumpul di Basecamp Kare Ecoadventure.

Sementara itu di Nganjuk, Aksi yang melibatkan unsur pemuda ini digelar di sepanjang jalur pendakian Wilis via Sekartaji di Dusun Magersari, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Agenda serupa juga di gelar di Tulungagung, yang melibatkan unsur mahasiswa dan elemen masyarakat yang tergabug dalam Komunitas Peduli Hutan Lindung Sendang. (TA/gw)

Rekomendasi