Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Thursday, October 7, 2021

Upaya Menggali Potensi di Lereng Wilis, Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Kunjungi Desa Bodag

GEMAWILIS, Madiun -
Daerah di lereng pegunungan Wilis selama ini dikenal mempunyai banyak potensi alam yang sangat luar biasa, terutama terkait potensi kepariwisataan dan pertanian. Sehingga dengan berbagai potensi yang tersimpan itu, termasuk kerajian tangan, jika dieksplore bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, sebagai upaya menggali potensi yang ada di daerah lereng Gunung Wilis, Tim Penggerak PKK, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Madiun, melakukan kunjungan ke Desa Bodag. Rabu (5/10/2021).

Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, sendiri merupakan desa tertinggi yang ada di lereng gunung Wilis. Desa Bodag memiliki banyak potensi alam terutama potensi di sektor pertanian seperti coklat, kopi, cengkeh, dan durian.

Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di Desa Bodag, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Madiun, Ny. Penta Lianawati, didampingi Camat Kare, Ketua Dekranasda Kecamatan Kare, Kepala Desa Bodag, dan Ketua Pokdarwis Desa Bodag.
Ketua TP PKK, Ny. Penta, mengatakan, Desa Bodag mempunyai banyak potensi yang bisa digali untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Untuk itu, selain melihat potensi yang ada, dalam kunjungannya ke Desa Bodag Ketua TP PKK Kabupaten Madiun juga untuk sharing guna meningkatkan penggalian potensi di Desa setempat.

“Ingin melihat UM yang ada di desa Bodag dan potensi wisata yang ada di desa Bodag. Intinya, kita mau sharing sama temen-temen dan masyarakat untuk ke depannya biar desa Bodag itu yang ada di selingkar Wilis bisa mendongkrak ekonominyalah, untuk wisata, UM-nya juga, "ungkapnya.

Ada pun tempat yang dikunjungi oleh rombongan dari beberapa OPD di Kabupaten Madiun saat berada di Desa Bodag antara lain sentra usaha mikro makanan olahan,  tanaman porang, kopi coklat (kakao), ketela, serta buah-buahan.

Lebihlanjut, Ketua TP PKK, Ny. Penta menjelaskan, pihaknya bersama pemda dan sejumlah OPD terkait memberi dukungan demi berkembangnya UM dan Kepariwisataan dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan.

“Upaya kita bareng-bareng mulai pemerintah kabupaten Madiun dengan organisasi-organisasi, PKK, Dekras, kita menyuport semua mungkin memberi pembinaan  dan pelatihan supaya UM kita itu bisa bersaing dan kalau dibawa keluar daerah siap untuk bersaing dengan daerah lain, "tambahnya.

Sementara itu, Camat Kare Tarnu Ashidiq, M.Si, mengatakan saat ini pihaknya bersama Pemdes yang ada di wilayah Kecamatan Kare termasuk Desa Bodag terus melakukan upaya-upaya untuk menggali serta meningkatkan potensi yang ada di desanya masing-masing.

"Terus kami lakukan upaya bersama, baik itu pendampingan secara langsung maupun solusi-solusi kedepan untuk kemajuan daerah di lereng gunung Wilis, "tutur Alumni Program Pasca Sarjana Unair Surabaya tersebut. (Tim/gw)

Topik Lain