Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Thursday, October 7, 2021

TNI Bangun Jalan di Lereng Wilis, Bupati Madiun Berharap Dapat Menunjang Pertumbuhan Ekonomi

Jalan pintas di Desa Bodag Kecamatan Kare mulai dilakukan pengaspalan lewat program TMMD.
GEMAWILIS, Madiun -
TNI membangun jalan di daerah lereng pegunungan Wilis, tepatnya di Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, dengan panjang sekitar 2000 meter dengan lebar 4 meter yang menghubungkan dua dusun di Desa Bodag, yakni Dusun Glagah Ombo dengan Dusun Sajak.

Giat pelaksanaan pembukaan pengerjaan jalan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami, Komandan Kodim 0803/Madiun, Kapolres Madiun, dan stakeholder lainnya, pada Rabu (6/10/2021).

Pengerjaan pembenahan jalan itu merupakan kegiatan lanjutan dari pelaksanaan Pra TMMD berupa pelebaran dan peningkatan jalan yang telah dikerjakan selama 2 bulan sebelumnya lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2021.

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, mengatakan kegiatan karya bhakti yang dilakukan oleh TNI di Desa Bodag tersebut guna memperlancar arus transportasi antar dusun di Desa Bodag. Sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Menurut Bupati, selama ini masyarakat di dusun Glagah Ombo jika mau ke dusun Sajak harus memutar sejauh 23 kilo meter. Namun, setelah jalan itu berfungsi, nantinya masyarakat hanya butuh jarak sekitar 5 kilo meter saja.

"Hari ini TNI bersama Pemkab Madiun melakukan pembuatan bay pass untuk meringankan masyarakat. Jika nanti ini sudah difungsikan, jalan yang tadinya jaraknya 23 kilo sekarang bisa ditempuh dengan hanya sekitar 5 kilo, "kata Bupati Madiun.

Bupati berharap kedepannya koneksitas antara Dusun Glagah Ombo dengan Dusun Sajak dapat tercipta dengan baik. Masyarakat dapat terbantu dengan adanya jalan tersebut dan semakin mudah dalam menggerakan roda perekonomian. Sehingga dapat menunjang pertumbuhan ekonomi terutama UMKM dan BUMDES Desa bisa lebih meningkat.

Sementara itu, Komandan Kodim 0803 Madiun Letkol. Inf. Edwin Charles menjelaskan bahwa kegiatan perbaikan jalan di Desa Bodag itu merupakan wujud sinergisitas antara TNI, Polri, dengan Pemkab Madiun dan pihak lainnya.

“Kegiatan ini untuk mengakselerasi percepatan pembangunan di tengah wabah pandemi Covid-19 sehingga kesejahteraan masyarkaat tetap menjadi prioritas, "paparnya.

Dalam kegiatan itu, selain giat pelaksanaan pembukaan TMMD Imbangan, tahun 2021. Acara juga diisi dengan penyerahan bantuan sebanyak 1.000 paket sembako kepada masyarakat setempat.

Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, sendiri merupakan desa paling tinggi keberadaannya karena tepat berada di lereng pegunungan Lereng Wilis. Desa Bodag memiliki banyak potensi alam terutama potensi di sektor pertanian seperti coklat, kopi, cengkeh, durian, dan juga porang. (Tim/gw)

Topik Lain