Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, October 1, 2021

Si Umang dari Madiun Masuk Nominator Inotec Award 2021

Kepala Balitbang Jatim, Anom Surahno melakukan kunjungan dan penilaian lapangan pada salah satu nominator lomba, yakni minuman Si Umang di Stikes Bhakti Husada Mulia di Kota Madiun, Rabu (29/9/2021. Foto: Rijal JNR
GEMAWILIS, Madiun -
Dewan Juri Inotec Award 2021 Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Jatim melakukan kunjungan dan penilaian lapangan pada salah satu nominator lomba, yakni minuman Si Umang di Stikes Bhakti Husada Mulia di Kota Madiun, Rabu (29/9/2021. Rombongan Dewan Juri dipimpin langsung Kepala Balitbang Jatim, Anom Surahno.       

Dalam kesempatan itu mereka menanyakan langsung tentang standar produksi dan kadar gizi yang terkandung dalam minuman kemasan yang kini telah diperjual belikan di kantin mahasiswa Stikes Bhakti Husada Mulia di Kota Madiun.

"Minuman ini cukup baik kandungan gizi atau vitaminnya, karena bahan bakunya pisang dan kurma. Namun jika akan dipasarkan diluaran masih banyak prasyarat yang harus dipenuhi, seperti ijin BPOM, "kata Kepala Balitbang Jatim, Anom Surahno.

Sementara itu, dalam kesempatan itu Inovator dari Stikes Bhakti Husada Mulia, Heni Eka Puji Lestari menjelaskan, jus pisang dan kurma ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya diyakini mampu mengatasi stanting pada balita karena kandungan yang ada didalamnya kaya akan zat besi. Terlebih lagi buah pisang sendiri kaya akan kandungan zat besi, asam folat, dan vitamin B12 yang mudah berasimilasi juga dapat mengobati anemia.

Menurut Heni Eka Puji Lestari, jus pisang juga minuman yang cocok untuk diminum sesudah mendonor darah karena zat besi yang terkandung akan menciptakan sel darah baru. Pisang mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, vitamin C, serat makanan, kalium, protein, magnesium, folat, dan sebagainya. Selain itu, pisang juga membantu pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Sementara kurma adalah sumber energi, dan serat. Vitamin seperti tiamin, riboflavin, folat, niasin, vitamin K, dan vitamin A juga ada dalam kurma. Kurma bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dan bahkan membantu menurunkan berat badan. Mereka mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa.

Untuk tambahan, susu almond dapat menjadi pilihan karena mengandung kalsium, asam folat, vitamin E, asam lemak omega 3, dan lain-lain. Susu almond dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengatur gula darah, dan membantu menurunkan berat badan.

Kandungan mineral yang paling tinggi pada varian kurma ini adalah kalium alias potassium. Pada ibu hamil, kebutuhan kalium penting untuk dipenuhi, karena mineral inilah yang akan membantu menyeimbangkan kadar cairan di tubuh. Saat hamil, volume darah di tubuh meningkat hingga 50%.

Oleh karena itu, memerlukan lebih banyak elektrolit (termasuk di dalamnya kalium) agar keseimbangan cairan di tubuh tetap terjaga. Saat cairan tidak seimbang, maka kondisi seperti kram kaki saat hamil bisa terjadi. Selain untuk menjaga keseimbangan cairan, kalium juga baik untuk menjaga kesehatan saraf dan otot. (Kominfo Jatim)

Topik Lain