Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Sunday, October 17, 2021

Puting Beliung Amuk Puluhan Rumah di Desa Randualas Hingga Hewan Ternak Ikut Mati

Ternak sapi milik warga mati tertimpa kandang yang diterjang bencana angin puting beliung pada Minggu (17/10) sore.
GEMAWILIS, Madiun -
Angin puting beliung rusak sejumlah rumah milik warga di Desa Randualas, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, pada Minggu (17/10/2021) sore, sekitar pukul 15.30 Wib.

Usai kejadian, upaya pendataan terkait bencana angin puting beliung langsung dilakukan oleh pihak Pemdes Randualas, Polsek Kare, Puskesmas Kare, Tim BPBD, dan Tagana Kabupaten Madiun hingga sekitar pukul 19.00 Wib.

Kepala Desa Randualas, Suyadi, saat berada di lokasi kejadian mengatakan, ada sekitar 12 rumah dengan kerusakan ringan hingga parah yang menjadi korban angin puting beliung pada minggu sore tesebut.

"Ini masih dilakukan pendataan, ada di tiga RT, sekitar 10-12 rumah yang kena dampaknya. Tapi yang parah sekitar 6 rumahan, "katanya.

Rumah rusak parah antara lain dialami oleh warga di RT 04/02, rumah milik Hartono, Waritem, Sumarni, dan Listiyono. RT 05/02, rumah milik Jarwo dan di RT 01/01 rumah milik Paidi Pujud, Saefudel dan Parman.

Kesemuanya rumah rusak pada bagian atap baik dari bahan asbes maupun genteng. Nampak atap rumah milik warga porak poranda diterjang angin disertai hujan. Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materi diperkirakan hingga puluhan juta.

Adapun kerusakan paling parah dialami oleh Parman, RT 01/01, yang rumah bagian dapur sekaligus kandang ternak miliknya roboh dan menimpa satu ekor sapi hingga mati. Diperkirakan atas kerusakan dan kematian satu ekor sapi itu kerugian Parman ada sekitar 35 juta.

"Korban jiwa tidak ada, hanya kerusakan pada bagian atap. Untuk kerugian paling besar dialami pak Parman karena ternak sapinya satu ekor ikut mati tertimpa kandang. Kerugian masih akan kami hitung dan diperkirakan ada puluhan juta, apalagi ada sapi yang ikut mati, "tutur Kades Randualas.

Kades Randualas menambahkan, pihaknya akan mengupayakan bantuan untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah. Ia juga berharap agar warga lingkungan saling membantu untuk meringankan warga yang kena musibah puting beliung.

"Besok dari desa kami upayakan bantuan, lagian ini sudah gelap jadi seberapa parah rumah warga yang rusak tidak begitu kelihatan, "tutur Kades Randualas. (Tim/gw)

Rekomendasi