Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Thursday, October 14, 2021

Pilkades Serentak Kabupaten Madiun Akan Dilaksanakan Pada Senin Kliwon

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami umumkan tanggal pemungutan suara Pilkades serentak (Fot: IMR/Ist)
GEMAWILIS, Madiun -
Bupati Madiun, Ahmad Dawami, resmi mengumumkan hari dan tanggal pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Madiun.

"Pilkades Serentak Kabupaten Madiun akan dilaksanakan pada hari Senin Kliwon, tanggal 20 Desember 2021, "kata Bupati Madiun, saat sosialisasi Pilkades Serentak di Pendopo Muda Graha, Kamis (14/10/2021) siang.

Bupati menjelaskan, pemungutan suara Pilkades digelar menyusul surat Mendagri yang membolehkan Pilkades digelar bagi daerah yang sudah di Level 1,2 dan 3.

"Ada surat dari Mendagri, yang boleh menggelar Pilkades itu yang sudah level 1,2 dan 3, sedangkan yang level 4 belum boleh, "jelasnya.

Namun demikian, Bupati menekankan agar protokol kesehatan betul-betul dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Karena jika terjadi kenaikan level, maka Pilkades Serentak bisa ditunda kembali.

"Di Kabupaten Madiun ada 143 yang melaksanakan Pilkades. Tetapi semua itu bisa saja tertunda apabila Covid-19 di Kabupaten Madiun mengalami kenaikan kasus. Saat ini posisi kita berada di level 3, untuk itu mari bersama-sama kita saling menjaga supaya jangan berubah menjadi level 4, "tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Madiun, Warsito, SH., mengatakan bagi warga yang mau mencalonkan diri dalam pilkades tidak perlu datang ke kantor Pengadilan Negeri.

Warga kabupaten Madiun yang berusia minimal 25 tahun dan berpendidikan minimal SLTP yang akan mencalonkan diri dalam pilkades bisa mengurus persyaratannya secara online melalui aplikasi  Era Terang.

"Daftarnya tinggal buka klik saja, Era Terang, nanti sudah keluar itu syarat-syaratnya apa saja. Setelah mendaftarkan diri secara online, calon peserta pilkades bisa datang ke kantor PN untuk mengambil berkas pada jadwal yang ditentukan, "jelasnya. (Tim/gw)

Topik Lain