Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Saturday, October 30, 2021

Pernah Jaya Seperti Porang Pada Saat Ini, Vanili Kini Meredup

Gambar buah tanaman vanili (Fot: Tim/gw)
GEMAWILIS, Pertanian -
Pada masa kejayaannya, Vanili pernah digandrungi oleh banyak petani di negeri ini seperti tanaman porang pada saat ini. Hal tersebut tentu, karena vanili mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Di tahun 1980-1990, vanilli pernah mengalami masa kejayaannya. Saat itu, harga 1 kilo gram vanili kering bahkan bisa tembus hingga 3,5 jutaan. Oleh karena itu pada masa jayanya vanili jadi primadona para petani meski dalam pembudidayaannya vanili agak rumit dibandingkan dengan menanam porang karena perlu adanya pengawinan (proses penyerbukan bunga vanili).

Namun, seiring waktu harga vanili turun drastis hingga mencapai level 50 - 100 ribu per kg. Sehingga dengan turunnya harga vanili pada waktu itu, menyebabkan para petani beralih ke jenis tanaman lain yang lebih menguntungkan dan banyak petani membabat habis tanaman vanili.

Dengan jatuhnya harga vanili tersebut, tentu sangat disayangkan dan tentunya juga sangat memprihatinkan nasib para petani. Sebab saat mereka tengah bersemangat menanam dengan jumlah yang banyak justru harganya terpuruk jatuh.

Bunga vanili berbentuk menyerupai terompet, berwarna putih kehijauan dengan panjang bunga kurang lebih 5 - 8 cm. Vanili tidak mampu melakukan penyerbukan atau kawin secara alami, karena putik dan benang sarinya terpisah, ujung putik vanili tertutup oleh daun bunga. Sehingga butuh pengawinan manual atau dengan bantuan manusia.

Jika dilihat dari propeknya, budidaya vanili sangatlah menguntungkan, apalagi jika suatu saat harganya kembali naik. Saat ini, per Oktober 2021 harga vanili berdasarkan informasi yang kami dapat dari petani harganya sekitar 200 - 300 ribu per kilo gram nya.

Budidaya vanili memerlukan perlakuan yang sedikit ekstra karena untuk menghasilkan buah vanili kita harus melakukan penyerbukan dengan cara mengawinkan bunga vanili. Namun demikian kita tidak terlalu memikirkan berapa luas lahan yang kita miliki karena vanili bisa tumbuh dimana aja asal ada media rambat untuk menjalar hidup si vanili.

Dalam segi pembibitannya vanili juga sangatlah mudah, karena bisa dilakukan dengan cara memencarkan pohon vanili yang sudah ada. Yakni, ambil pohon vanili kemudian potong-potong 3-4 ruas kemudian tanam di bawah naungan atau di bawah pohon yang nantinya digunakan vanili untuk merambat.

Kemudian tunggu sekitar dua minggu, vanili akan tumbuh dengan tunas muda disetiap ruasnya. Penanaman paling efektif adalah saat musim penghujan. Semoga bermanfaat (Tim/gw)

Rekomendasi