Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Tuesday, October 19, 2021

Maulid Nabi SMAN 1 Dagangan: Menjadi Generasi Unggul dan Bermartabat

Pengajian Akbar SMAN 1 Dagangan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021.
GEMAWILIS, Keislaman - 
Rabiul Awal adalah bulan Sang Nabi terakhir, yakni Muhammad SAW. Sosok yang menjadi sumber mata air teladan sejak kelahirannya hingga beliau wafat. Beliau pulalah yang memberi syafaat kelak di hari kiamat dan memimpin perjumpaan dengan Allah, Tuhan Yang Maha Esa.


Putra Sayyid Abdullah dan Sayyidah Aminah asal Makkah ini lahir dengan diiringi fenoma yang menakjubkan. Mulai dari peristiwa penyerbuan Raja Abrahah ke Makkah, runtuhnya berhala-berhala simbol materialis masa itu, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya itu, perjuangan beliau mencerdaskan kehidupan bangsa dan kontribusi beliau bagi pondasi peradaban Islam dan masyarakat dunia dinilai oleh para sejarawan dan tokoh dunia, baik Timur maupun Barat dengan apresiasi yang luar biasa. Muhammad SAW didudukkan sebagai pemimpin terbaik dan berpengaruh nomor wahid sepanjang masa.

Pencapaian gemilang sang anak yatim itu bukan tanpa proses. Dia lahir ditengah situasi eksploitasi kemanusian sedang berlangsung. Perbudakan, pembunuhan anak perempuan, kekerasan perempuan, fanatisme golongan, serta penindasan kelompok kecil, jadi realitas kehidupan kala itu.

Nabi sebagai sosok revolusioner menyadari betul akan adanya ketimpangan sistem kehidupan sosial masyarakat. Kesadaran itu mewujud dalam usaha Nabi tampil sebagai generasi pembangun kualitas dan karakter pribadi yang unggul, bermartabat, dan profesional. Mindset seperti itu mengungguli pola pikir generasi zaman itu, bahkan sampai kiamat sekalipun.

Proses character building (pembangunan karakter) yang penting untuk diwariskan kepada generasi-generasi millenial. Oleh karena itu, adalah sebuah kebutuhan mengadakan Pengajian Akbar Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah/2021 Miladiyah, oleh SMAN 1 Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Selasa (19/10/2021)

Pada kesempatan Maulid kali ini, pihak sekolah menghadirkan Bapak Dr. Agus Tricahyo, M.A, sebagai pemberi tausiah tentang kemulyaan akhlak Rasulullah yang dibangun sejak usia dini.

Pada momentum tersebut, Ustadz Agus, mengajak semua siswa-siswa sekaligus hadirin agar benar-benar meneladani beliau secara holistik terutama karakter al-amin (dapat dipercaya) dan al-amanah (bertanggung jawab). "Sebab nilai ini akan menentukan masa depan seseorang kelak, apakah akan sukses atau justru akan hancur berantakan, "terang dai asal Madiun ini.

Selain itu, "kesungguhan dan ketekunan menuntut ilmu satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam proses pengembangan karakter yang unggul dan bermartabat. Karenanya, anak-anak SMAN 1 Dagangan, tidak boleh puas dengan ilmu yang telah kalian peroleh di sekolah ini. Terus tingkatkan hingga ajal menjemput, "tekan Ustadz berkacamata dan berkopyah hitam ini.

Kegiatan ini, selain dihadiri oleh seluruh perserta didik, juga turut hadir para guru dan tenaga pendidikan SMAN 1 Dagangan yang memenuhi lokasi. Suasana berlangsung khidmat dan sesuai rencana yang dirancang oleh panitia. Kegiatan ini berjalan secara hybrid, yakni ada yang langsung hadir di tempat acara dengan prokes ketat, dan media sosial youtube resmi SMAN 1 Dagangan/Daring bagi siswa yang jadwal non PTM.

Akhir acara, Ustadz Agus, berharap agar siswa-siswi menokohkan Nabi Muhammad melebihi tokoh-tokoh lain. Karena, kehadiran beliau adalah keberkahan dan tentunya inspirasi yang tidak pernah habis dan tak lekang oleh waktu, meski di era teknologi dan disrupsi di abad ini, "pungkasnya. (Ali Makhrus/gw)

Rekomendasi