Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Wednesday, October 13, 2021

Manfaatkan Lahan Kering, Petani di Desa Randualas Dapat Pelatihan Cara Budidaya Tembakau

GEMAWILIS, Madiun -
Sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Karya Miguna di lereng Wilis, Dusun Dawung, Desa Randualas, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun mendapat pelatihan cara menanam tembakau, Rabu (13/10/2021).

Pelatihan diberikan pemateri ahli pertanian tembakau dari Dinas Pertanian Kabupaten Madiun. Kurang lebih ada sekitar 25 anggota Poktan Karya Miguna Desa Randualas mendapat pelatihan cara menanam tembakau agar menghasilkan daun kualitas baik.

Adapun pelatihan yang diberikan kepada para petani di Desa Randualas itu akan laksanakan selama 12 hari di rumah Sekretaris Poktan Karya Miguna, Maika, Dusun Dawung, Desa Randu Alas.

Selama 12 hari, para anggota Poktan Karya Miguna akan mendapat pelatihan cara budidaya tembakau, mulai dari cara pembibitan, pengolahan tanah, penanaman, pengairan, pemupukan, perawatan, sampai cara memanen tanaman tembakau.

Terkait pemasaran, petani juga diberi pengetahuan, sehingga para petani tidak perlu kawatir lagi dengan hasil panennya mengingat sudah ada pihak kemitraan yang akan menampung hasil panen mereka.

Salah satu pemateri, Suratman, mengatakan tanaman tembakau memiliki prospek pasar yang bagus. Tembakau juga bisa menjadi solusi untuk lahan kering, yang selama ini terlantar tidak dimanfaatkan saat kemarau.

"Dengan pelatihan ini para petani merasa senang dan bersemangat karena mendapat ilmu. Sehingga lahan mereka yang selama ini terlantar bisa dimanfaatkan kembali, "terangnya. (Tim/gw)

Topik Lain