Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Monday, October 18, 2021

Hujan Es Disertai Angin Kencang Terjang 5 Desa di 4 Kecamatan Kabupaten Madiun


GEMAWILIS, Madiun -
Hujan es disertasi angin kencang terjadi hampir merata di wilayah Kabupaten Madiun, pada Minggu (17/10/2021) sore, sekitar pukul 15.00 WIB.

Akibat hujan dengan intensitas sedang yang di sertai angin kencang itu telah mengakibatkan dampak kerusakan di beberapa tempat. Dilaporkan sejumlah rumah milik warga rusak dan pohon tumbang menutup jalan.

Selain rumah roboh dan pohon tumbang, hujan juga mengakibatkan longsor di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan. Tebing dengan tinggi sekitar 10 meter longsor dan menutup jalan penghubung antara Desa Sumberbendo-Tulung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun, Mohammad Zahrowi mengatakan, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. "Laporan tanah longsor menutup akses jalan desa dan tidak ada korban, "katanya.

Angin kencang disertai hujan yang menerjang selama 1,5 jam, sekitar pukul pukul 14.30 - 16.00 WIB (beberapa tempat ada yang mulai pukul 15.00 - 17.00 WIB), mengakibatkan rumah warga roboh dan puluhan rusak ringan hingga berat.

Adapun kerusakan akibat peristiwa itu terjadi di sejumlah desa yang ada di wilayah Kabupaten Madiun. Yakni, 5 desa di 4 kecamatan hingga menyebabkan 5 warga di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan mengalami luka-luka.

Berdasarkan laporan Tim BPBD Kabupaten Madiun, total rumah yang rusak akibat terjangan angin puting beliung itu ada sebanyak 24 rumah. Dengan rincian 4 rumah rusak parah dan 20 rumah lainnya rusak sedang.

Bencana puting beliung yang berdampak pada kerusakan itu berlangsung di Kecamatan Saradan, Kecamatan Wungu, Kecamatan Kare, dan Kecamatan Pilangkenceng.

Sementara, dampak kerusakan paling parah ada di Kecamatan Saradan, Kecamatan Wungu dan Kecamatan Kare. Di Kecamatan Wungu, 12 rumah rusak, di Kecamatan Saradan, 3 rumah roboh, sedangkan di Kecamatan Kare ada puluhan rumah rusak ringan hingga berat dan 1 ekor sapi mati.

Untuk laporan pohon tumbang ada di Desa Sumberbendo Kecamatan Saradan, Desa Bolo Kecamatan Kare, Desa Kresek Kecamatan Wungu, dan Desa Bulu Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. (Tim/gw)

Rekomendasi