Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Monday, October 25, 2021

Gelar Peringatan Maulid Nabi: Konsep Being dan Becoming Ala Nyantri Virtual

GEMAWILIS, Madiun -
Nyantri virtual merupakan komunitas anak muda dari berbagai daerah yang menghimpun diri untuk belajar ilmu agama secara daring.

Bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijiriyah atau 2021 Miladiyah, Tim Kreatif Nyantri Virtual menggelar kajian online bertemakan "Mengenal Rosul Lebih Dekat".

"Nyantri Virtual ini mengusung semangat pemanfaatan teknologi secara tepat dan berguna. Para santri virtual ini diajak belajar sebagaimana layaknya mengaji di pesantren dengan menerapkan kurikulum Kitab Kuning, seperti Mizanul Amal Karya Al-Ghazali, Ar-Riqqoh wa Al-Buka, Karya Ibnu Qudamah, "jelas Rizki Amalia, saat dihubungi Via WatsAap.

Ustadz Ali Makhrus, selaku pengasuh, mendukung penuh upaya teman-teman dalam belajar ilmu agama. "Sebagai orang yang pernah nyantri di pesantren, saya merasa terpanggil untuk ikut serta gerakan anak-anak muda ini, "sebut lulusan Pondok Pesantren Riyadlul Mubtadiin, Laju Kidul, Singgahan, Tuban ini.

Lebih lanjut, Ustadz Aal, sapaan akrabnya, yang juga Guru di SMAN 1 Dagangan ini berterima kasih kepada teman-teman Santri di Nyantri Virtual, atas mandat sebagai pengasuh komunitas ini.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi kemarin (23/10/21) mengundang Ustadz KH. Wahab Naf'an, seorang pejuang ilmu yang sedang menempuh doktoral di Mesir sekarang.

Pria berkacamata dan dosen UIN Sunan Ampel ini, meras tersanjuang bisa diajak terlibat dalam komunitas nyantri virtual ini.

"Kita mesti bersyukur, bisa ngaji, maulidan, dan mencari ilmu meski secara digital, inilah yang disebut dengan ni'matul ijad (_ni'mat_being_) dan nikmatul imdat (_nikmat_becoming_) yang telah Allah berikan kepada kita, "beber Ustadz Wahab.

Oleh sebab itu, jangan pernah sia-siakan kesemptan mengaji dimanapun kalian berada. Karena, seorang pencari ilmu senantiasa mendapatkan pertolongan dari Allah SWT, "jelas lelaki lulusan Pesantren Tambak Beras ini.

Kegiatan tersebut dimoderatori oleh Nur Laily, awardee LPDP S2 ITB. Dilaksanakan melalui google meet dan diikuti puluhan peserta yang berasal dari berbagai daerah, antara lain Surabaya, Malang, Sumedang, Karawang, Kediri, Mojokerto dan beberapa kota lainnya. (Ali/gw)

**Komunitas "Nyantri Virtual" ini dapat dijumpai melalui Instagram @nyantrivirtual dan YouTube @Nyantri Virtual

Rekomendasi