Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Wednesday, October 27, 2021

Antisipasi Bencana Hidrometereologi Pemkot Madiun Gelar Apel Kesiapsiagaan

GEMAWILIS, Madiun -
Menghadapi musim penghujan yang sudah mulai datang, Pemkot Madiun menggelar apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometereologi. Apel dilaksanakan di Ngrowo Bening, Kelurahan/Kecamatan Taman Kota Madiun, Rabu (27/10/2021).

Bencana hidrometereologi adalah bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter metereologi, sehingga ada peningkatan curah hujan tinggi, suhu ekstrem, angin kencang, puting beliung, petir dan lain sebagainya.

Apel Kesiapsiagaan diikuti oleh Walikota Madiun bersama Forkopimda, Kodim 0803, Kostrad Raider 501, Polres, Brimob Kompi C, Satpol PP, Damkar, BPBD, PMI, Tagana, Pramuka, SAR Majelis Tafsir Al-Qur'an (MTA), Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Relawan peduli Muslim (RM).

Walikota Madiun, H. Maidi, menyampaikan kegiatan ini tidak hanya formalitas, tetapi kegiatan yang harus diikuti aksi, dimana aksi penanggulangan sudah diantisipasi lebih dini.

"Hari ini semua Tim penanggulangan bencana sengaja diapelkan agar kesiapsiagaan selalu berada pada diri kita, jangan sudah terjadi baru mengambil langkah, akhirnya yang ada hanya penyesalan, "kata Walikota.

Untuk antisipasi hujan lebat disertai angin kencang jika sewaktu-waktu datang, Walikota mengatakan pohon-pohon tinggi di Kota Madiun sekitar 70 persen sudah dipendekkan dan sekarang tingginya hanya ekitar 6-7 meter saja.

"Peralatan canggih sudah siap, saya harapkan jangan sampai ada berita di Kota madiun adanya korban karena bencana, adanya korban karena kurang antisipasi kita, "tegasnya.

Usai menggelar apel, Walikota melihat simulasi bencana dilanjutkan pemeriksaan tenda, serta gelar alat bencana yang dimiliki oleh masing masing peserta apel termasuk tenda Dapur Umum (DU) mikik Tagana.

Selain itu, Walikota juga mengajak masyarakat untuk ikut berperan di lingkungannya masing-masing dengan mebersihkan saluran air, membuang dan membersihkan sampah pada tempatnya serta memangkas pohon yang tinggi. (Tim/gw)

Rekomendasi