Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, September 18, 2021

Word Cleanup Day 2021 Bersama 187 Negara, WCD Madiun Bersihkan Sampah di Wana Wisata Grape

WCD Madiun serentak dengan 187 negara di dunia lakukan kegiatan pembersihan sampah.
GEMAWILIS, Madiun -
Hari b
ersih sampah sedunia atau World Cleanup Day (WCD) 2021, para pegiat lingkungan di Madiun mengadakan aksi bersih-bersih sampah di Wana Wisata Grape, Kelurahan/Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Sabtu (18/9/2021) pagi.

Ketua WCD, Bintang Hasyim Nusantara, mengatakan aksi bersih sampah yang dilakukan di Wana Wisata Grape itu digelar secara serentak diseluruh Indonesia bersama 187 negara di dunia.

"Ini kegiatan tahunan, hari ini diadakan serentak diseluruh Indonesia dan juga bersama 187 negara lainnya, "kata Bintang, yang belakangan getol melakukan edukasi terkait limbah sampah kepada masyarakat di Madiun.

Bintang menambahkan, pada hari bersih sampah sedunia ini pihaknya juga mengajak masyarakat khusunya di Madiun untuk tidak membuang sampah terutama jenis sampah plastik sembarangan agar tidak merusak lingkungan dan juga menimbulkan bencana dikemudian hari.

"Sampah ini memang menjadi permasalahan bersama dan menjadi ancaman serius bagi lingkungan. Bukan hanya di negara kita saja namun negara luar sana juga sama. Masih banyak yang belum sadar jika sampah terutama sampah plastik ini mempunyai dampak buruk pada lingkungan untuk jangka panjang, "terang Bintang.

Menurutnya, bencana alam yang kerap terjadi, salah satunya akibat budaya membuang sampah sembarangan di masyarakat sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem dan menimbulkan berbagai bencana. Seperti, pencemaran air, banjir, timbulnya berbagai penyakit, dan dampak lainnya.

"Hari ini kami bermimpi untuk menggerakkan #Kami13Juta relawan untuk bersihkan Indonesia dan meningkatkan kesadaran akan dampak sampah ilegal terhadap lingkungan, "tambah Bintang, yang juga mendapok sebagai Ketua Pemuda Madiun Bergerak (PMB).

Sementara itu, kegiatan World Cleanup Day 2021 di Wana Wisata Grape ini diikuti kurang lebih sekitar 30 orang dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Para anggota WCD yang didominasi usia muda melakukan bersih sampah dengan memungut sampah di area Wisata Grape kemudian sampah dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Dalam kegiatan itu, selain membersihkan sampah juga dilakukan ramah-tamah antar anggota dan juga pembagian hadiah berupa sedotan dari bahan bambu dan buku kepada peserta kegiatan yang bisa mengumpulkan sampah paling banyak. (WJ/TIM/gw)

Topik Lain