Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, September 7, 2021

Resmikan Bendungan Bendo Ponorogo, Jokowi: Hari Ini Sudah Rampung dan Siap Difungsikan

Presiden Joko Widodo resmiksn Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo (Fot: Ist)
Gemawilis/PONOROGO -
Berada di Kabupaten Ponorogo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Selasa (7/9/2021).

Dalam sambutannya, Presiden menyebutkan bendungan Bendo mampu menampung 43 juta meter kubik yang digunakan untuk mengairi sawah, dan yang terpenting untuk pengendalian banjir.

"Bendungan Bendo mampu memasok air baku 370 liter per detik dan mampu menyediakan air untuk irigasi sawah seluas 7.400 hektar dan mereduksi air banjir 31 persen atau 117.4 meter kubik per detik, "papar Jokowi.

Bendungan yang pembangunannya dimulai pada tahun 2013 lalu dengan menelan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 1,1 Triliun itu memiliki luas genangan 170 hektar dengan tinggi 74 meter.

Bendungan Bendo berfungsi sebagai tampungan air yang di bawahnya terdapat 4 bendung di Daerah Irigasi (DI) Bendo di Ponorogo dan DI Madiun sehingga meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari 170 menjadi 260 per tahun.

"Hari ini sudah rampung dan siap difungsikan. Saya berpesan bendungan yang telah selesai dimanfaatkan sebaik-baiknya, disambungkan ke seluruh jaringan irigasi yang ada sehingga meningkatkan produktivitas pertanian, "tambah Presiden.

Jokowi hadir di Kabupaten Ponorogo didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Agenda Presiden di Ponorogo selain meresmikan Bendungan Bendo, adalah meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk para pelajar di Ponorogo dan melakukan video conference monitoring vaksinasi untuk pondok pesantren. 

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga memberikan bantuan sembako pepada masyarakat, yakni para tukang becak dan kuli panggul di Pasar Legi Ponorogo.

Sebagai tambahan informasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air menargetkan empat bendungan di Jawa Timur rampung pada tahun ini.

Pembangunan empat bendungan di Provinsi Jawa Timur yang selesai pada 2021 yakni Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Bendungan Bendo di Ponorogo, dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro.

Dari empat bendungan tersebut, Bendungan Tukul dan Bendungan Bendo telah selesai pembangunannya, Bendungan Tukul telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 14 Februari 2021 dan bendungan Bendo di resmikan hari ini. (Tim/gw)

Topik Lain