Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, September 14, 2021

Pilihan Tepat! Ingin Bahagia dan Sehat Laksanakan Wajib 5 Waktu

Gambar ilustrasi/Fot: Google.
Gemawilis/KESEHATAN -
Allah Swt mengajarkan banyak hal yang berguna bagi kehidupan manusia. Ajaran tersebut terurai melalui Nabi Muhammad Saw, al-Qur’an, al-Hadits dan penerus-penerusnya hingga hari ini. Salah satu di antara pengajaran tersebut yaitu Salat.

Salat dalam keyakinan dan rumus Isla merupakan satu dari lima rukun Islam yang wajib diyakini, diketahui dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kelima rukun Islam tersebut terdiri dari Syahadat, Salat, Zakat, Puasa dan Haji bagi yang berkemampuan.

Salat berada di urutan kedua, ini menujukkan kedudukan Salat yang penting dan vital bagi manusia. Allah Swt berfirman yang artinya, “Peliharalah Salat dan salat wustho (Asar). Dan Laksanakan (salat) karena Allah dengan khusyu”, (QS. Al-Baqarah (2): 238).

Sementara itu, mengokohkan dan menduniakan firman Allah Swt, dikisahkan, Abu Amr Asy-Syaibani berkata, “Pemilik rumah ini bercerita dengan menunjuk rumah Abdullah, dan dia berkata, “Saya bertanya kepada Nabi Saw, Pekerjaan apa yang lebih membuat cinta kepada Allah?”, Nabi bersabda, Salat tepat pada waktunya. 'Ia bertanya lagi, ‘Lalu apa?’, ‘Kemudian berbuat baik kepada kedua orangtua. ‘Ia bertanya lagi, ‘Lalu apa?’ Beliau bersabda, ‘Jihad di jalan Allah Swt (HR. Bukhari (Kitab Mawaqit Shalah No 527 dan Muslim Kitab Al-Imam No 85)

Pada sumber utama Islam tersebut, Allah dan Rasul memberikan deskripsi dan prospektif Salat. Prospek tersebut antara lain dapat menimbulkan ketenangan (khusu), cinta, dan kebahagian, kenyamanan lain yang dibutuhkan oleh umat manusia.

Bahkan, sebagaimana keterangan Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al-Qur’an dan Hadits, Mukjizat Ilmiah Syariat Islam halaman 10 menyebutkan, ‘Dikisahkan ada seorang pelatih sepak bola di Brazil yang masuk Islam, dan namanya berubah menjadi Mahdi Islam, setelah sebelumnya bernama Jose Faria. Dia berumur 50 tahun, berdasarkan pengalaman dia, dia berkata:

“Begitu pula pembelajaran saya pada gerakan-gerakan yang dilakukan oleh orang salat. Saya menemukan bahwa salat merupakan gerakan olahraga yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Ditambah lagi dengan kuatnya keimanan dan keikhlasan, seribu kali lebih besar dari Yoga. Dia juga menambahkan, "Saya juga telah mengambil manfaat dari salat, yaitu menjauhi hal-hal yang terlarang dan berbahaya. Termasuk juga puasa, juga telah memberikan banyak manfaat“.

Allah telah mengingatkan manusia dan kaum Muslim, agar senantiasa mencegah perbuatan keji dan munkar dengan mendirikan salat. Allah berfirman yang artinya, “Sesungguhnya salat itu mencegah dari kekejian dan kemunkaran“, (QS. Al-Anabut (29): 45).

Tidak hanya itu, Dr Faris Azuzi, seorang dokter spesialis penyakit-penyakit urat saraf dan sendi dari Universitas Amerika Serikat berkata, “Bagi umat Islam, gerakan salat seperti ruku dan rujud bisa memperkuat tulang punggung dan melenturkan tulang punggung, terutama jika ia melaksanakan salat sejak kecil. Sehingga akan dihasilkan imunitas yang mampu menahan serangan penyakit-penyakit karena lemahnya organ tubuh yang menyimpang dari tulang punggung. Salat juga dapat mencegah bahaya penyakit-penyakit saraf yang menyebabkan nyeri yang akut dengan pengerutan tubuh, "terang Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al-Qur’an dan Hadits, Mukjizat Ilmiah Syariat Islam halaman 10.

Sebagai pamungkas, Allah berfirman, yang artinya, “Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusu‘ (QS. Al-Baqarah (2): 45). Karena berbagai alasan tampak di atas dan masih misteri dari Salat, Islam mengajak semua umat muslim di seluruh dunia untuk terus mendirikan salat, mulai Subuh, Dzuhur, Asar, Magrib dan Isya‘. Dan Jangan meninggalkan salat, meskipun kondisi sakit sekalipun. Selebihnya, tanyakan kepada Ahlinya. Wallahu A‘lam Bisshowab (AM/gw)

*Ali Makhrus, S.Pd.I, MA.
PAI/BP SMAN 1 Dagangan

Topik Lain