Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Thursday, September 16, 2021

Jangan Sepelekan Kumis Kucing, Ini Manfaat dan Cara Mudah Mengolahnya Menjadi Obat Berbagai Penyakit

Gambar kumis kucing/Fot: Pixabay.
GEMAWILIS, Kesehatan -
Orthosiphon Stamineus, atau tumbuhan kumis kucing, di nusantara dikenal sejak lama sebagai tanaman obat. Pada bagian daun dan batang kumis kucing mengandung senyawa bioaktif, sinensetin, flavonoid, eupatorin, triterpenoid, fenolik, glikosida, saponin, steroid, dan tanin yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selain itu, tumbuhan kumis kucing juga memiliki khasiat anti radang dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Lalu bagaimana cara memanfaatkan tumbuhan kumis kucing menjadi bahan pengobatan untuk penyakit?

1. Merebus Kumis Kucing

Rebus hingga mendidih 5 sampai 6 lembar daun kumis kucing dengan segelas air kemudian air rebusan bisa diminum 3 kali sehari.

2. Menghaluskan Kumis Kucing

Haluskan atau tumbuk (blender) 60 gram kumis kucing dengan 160 ml air kemudian saring dan ambil airnya lalu diminum secara rutin. Bisa dengan tambahan campuran madu.

Kumis Kucing Obati Berbagai Penyakit

Dirangkum dari berbagai sumber herbal dan kesehatan, tumbuhan kumis kucing sudah dipercaya sejak lama sebagai bahan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita manusia.

1. Kumis Kucing Obati Batuk

Kandungan antioksidan yang ada pada daun kumis kucing sangat efektif digunakan untuk meredakan infeksi tenggorokan dan batuk. Caranya, siapkan 20 sampai 25 gram daun kumis kucing lalu tambahkan satu gelas air kemudian rebus dan konsumsi secara teratur.

2. Kumis Kucing Obati Sakit Ginjal

Bagi penderita penyakit ginjal, memanfaatkan kumis kucing sebagai teh sangat direkomendasikan. Sebab, kandungan ekstrak yang ada pada kumis kucing dipercaya sangat efektif untuk menghancurkan batu ginjal.

3. Kumis Kucing Turunkan Darah Tinggi

Kumis kucing juga dipercaya dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, kandungan antioksidan dan zat anti peradangan yang terkandung pada kumis kucing sangat baik bagi penderita darah tinggi.

4. Kumis Kucing Untuk Infeksi Saluran Kemih

Kumis kucing bermanfaat untuk membersihkan traktat dan mengatasi sebuah infeksi yang ada pada saluran kemih. Pada orang yang terkena ISK atau infeksi saluran kemih dianjurkan sangat untuk mengonsumsi air rebusan kumis kucing.

Itulah beberapa manfaat penting kumis kucing untuk kesehatan tubuh manusia yang dipercaya sejak lama sebagai bahan obat mujarab. (TIM/gw)

Topik Lain