Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, September 10, 2021

Bumil di Kabupaten Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Penta Ahmad Dawami kunjungi kegiatan vaksinasi bumil di Puskesmas Wungu (Fot: Ist)
Gemawilis/MADIUN -
Sesuai Surat Edaran (SE) dari Kemenkes RI No HK.02.02/I/2007/2021, tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, ibu hamil (bumil) bisa diberikan vaksinasi Covid-19.

Untuk itu, dalam rangka mendukung program vaksinansi nasional yang dilakukan pemerintah, TNI dan Polri, bumil di Kabupaten Madiun mendapatkan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi covid-19 terhadap bumil dilakukan di seluruh puskesmas se-Kabupaten Madiun.

Ketua TP PKK Penta Ahmad Dawami yang meninjau secara langsung kegiatan vaksinasi bumil di Puskesmas Wungu, pada Jum'at (10/9/2021) mengatakan ada sebanyak 2.175 bumil se-Kabupaten Madiun akan mendapat vaksinasi guna meningkatkan imunitas dan menekan angka resiko penularan dan kematian bumil akibat covid-19.

"Pemerintah terus berupaya memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat termasuk ibu hamil yang rentan dari penularan covid19. Vaksin terbukti aman dan efektif jadi tidak ada alasan untuk menunda vaksin memang sudah memunuhi syarat, "tutur Ketua TP PKK Penta Ahmad Dawami.

Tetapi meski ibu hamil sudah mendapatkan vaksinasi, lanjut Ketua TP PKK, yang perlu diingat adalah bahwa pemberian vaksin Covi-19 tidak melindungi ibu hamil sepenuhnya dari virus Corona. Ibu hamil tetap perlu menjalani Prokes selama pandemi masih berlangsung agar risiko ibu hamil untuk terkena Covid-19 dapat ditekan seminimal mungkin. Mematuhi protokol kesehatan tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi juga melindungi saudara, keluarga termasuk ekonomi kita, "ungkapnya.

Sebelum mendapatkan vaksinasi proses skrining terhadap sasaran bumil dilakukan secara rinci dan teliti oleh Tenaga Kesehatan (Nakes) dibandingkan sasaran yang lainnya. Sementara vaksinasi untuk bumil kali ini menggunakan jenis vaksin Covid-19 Sinovac. (Tim/gw)

Topik Lain