Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, September 18, 2021

Batik Song Song Desa Sewulan Kabupaten Madiun Tak Kalah Kesohor

Batik Song Song
Seorang warga di Desa Sewulan Kecamatan Dagangan sedang membatik motif Song Song (Fot: Humkab)
GEMAWILIS, Madiun -
Selain dikenal sebagai identitas sebuah daerah, batik di era modern seperti sekarang ini sudah menjadi tren fashion yang banyak di pakai oleh semua kalangan. Hampir semua daerah yang ada di nusantara ini bahkan mempunyai batik dengan ciri khas nya masing-masing, tak terkecuali Kabupaten Madiun.

Selain mempunyai batik ikonik dengan motif kampung pesilat, ternyata Kabupaten Madiun juga punya batik dengan motif song song dari Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan yang juga tak kalah tersohor.

Song song sendiri merupakan salah satu benda bersejarah dalam kearifan lokal di Desa Sewulan. Guratan tersebut wajib ada di setiap kain batik yang dibuat warga setempat, dengan kombinasi berbagai macam hasil pertanian di Kecamatan Dagangan.

Penggunaan motif song song selain untuk mempertahankan unsur budaya setempat juga sebagai langkah untuk mengenalkan daerah Sewulan, Kecamatan Dagangan kepada masyarakat luas.

Song song adalah payung pusaka pemberian Keraton Kartasura sebagai hadiah serta tanda penugasan wilayah kepada R.M. Bagus Harun Basyariah Sewulan dalam menyebarkan pendidikan agama Islam.

Hadiah payung Song song diberikan setelah Bagus Harun membantu pihak keraton melawan konflik dengan VOC. Hingga kemudian kini Song song dijadikan motif batik khas Desa Sewulan yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa Mesem Guyu.

Meski batik Song song baru dikenalkan ke publik pada tahun 2018, namun batik song song sudah mendapatkan banyak penggemar. Bahkan, Bupati Madiun Ahmad Dawami dan Wakilnya Hari Wuryanto pernah terlihat mengenakan batik ini dalam beberapa acara. (Tim/gw)

Topik Lain