Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Sunday, August 1, 2021

Tips Mudah Atasi Kulkas Bau, Efektif Dijamin Jitu

Gambar ilustrasi/pixabay.
Gemawilis -
Lemari pendingin atau sering disebut Kulkas merupakan tempat yang selama ini sering digunakan banyak orang menyimpan bahan makanan seperti ragam jenis daging, buah, sayuran, bahkan makanan yang telah jadi pun terkadang masuk ke dalam peti bersuhu dingin tersebut.

Selain memperpanjang usia bahan makanan kulkas juga banyak manfaat lainya seperti membunuh hewan yang menempel di sayur maupun daging dan juga menjaga bahan makanan dari serangan bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit.

Karena banyaknya makanan yang disimpan dalam kulkas, beragam bau tercampur jadi satu hingga membuat bau tak sedap muncul yang sangat mengganggu.

Namun jangan khawatir ada beberapa tips untuk membuat kulkas anda terbebebas dari bau tak sedap. Berikut beberapa tips untuk menetralisir bau tersebut:

1. Daun Jeruk purut
Selain itu bahan pelengkap masakan, aroma daun jeruk purut sangat kuat sehingga aroma tak sedap pada kulkas hilang dengan hitungan jam. Caranya pun cukup gampang, daun yang telah dicuci bersih iris-iris, masukan ke wadah lalu simpan di rak kulkas.

2. Lemon
Beberapa Macam jenis varietas jeruk memang memiliki sifat menyerap bau. Dan memberikan aroma segar ketika membuka kulkas. Adapun langkah yang dilakukan antara lain. Ambil lemon yang telah dicuci bersih terlebih dahulu, kemudian belah menjadi beberapa potong lalu letak di dalam rak kulkas.

3. Kopi
Selain untuk dikonsumsi sebagai minuman. Kopi dalam bentuk masih biji maupun telah halus dalam bentuk bubuk. Sangat efektif menghilangkan bau. Caranya ambil 4 hingga 5 sendok masukkan ke wadah lalu masukkan ke dalam kulkas. Secara bertahap bau akan hilang dan tergantikan aroma kopi yang khas.

4. Teh
Selain kopi, teh juga memiliki aroma yang kalem. Namun penghilangan 100% memakan waktu agak lama daripada  daun jeruk maupun lemon. Caranya ambil beberpa jimpit teh di dapur lalu  taruh diwadah serta masukan kedalam freeser maupun kulkas

5. Baking soda
Baking soda sebetulnya untuk pembersih jamur yang menempel pada karet freezer. Namun dengan dibersihkanya kotoran yang menempel dapat mengurangi bau pada. Caranya ambil 1 2 sendok teh masukkan ke dalam air lalu kemudian tunggu beberapa saat hingga berbusa lalu air  baking soda dapat digunakan untuk membersihkan kulkas atau freezer

Itulah beberapa langkah cara menetralisir bau dari kulkas ataupun freezer. Namun dengan mengantisipasinya, membersihkan kulkas paling lama seminggu sekali sangat diperlukan untuk menjaga kualitas kulkas agar tidak bau dan juga bersih dari bakteri yang mengancam tubuh. (Ds/gw)

Topik Lain