Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Wednesday, August 25, 2021

Tinjau Vaksinasi Ponpes se-Jatim, Kapolri: Pelonggaran Diberikan Bertahap Agar Tidak Terjadi Lonjakan

Panglima TNI dan Kapolri tinjau vaksinasi di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur. (Fot: Hum)
Gemawilis/JAWATIMUR -
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan vaksinasi di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng, Jombang. Bersamaan dengan ini, vaksinasi juga dilaksanakan acara serentak di 41 Ponpes se-Jawa Timur. Rabu (25/8/2021).

Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri disambut oleh Forkopimda Jawa Timur diantaranya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto, dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

Dalam tinjauannya, Kapolri menyempatkan menyapa seluruh perwakilan 41 pesantren yang mengadakan vaksinasi serentak secara virtual. Ia menyambut baik peran aktif masyarakat pesantren yang telah mau membantu mewujudkan target Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait program percepatan vaksinasi nasional.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi massal di 41 pesantren se-Jawa Timur ini, mantan Kapolda Banten ini berharap, Ponpes di wilayah lainnya ikut melakukan hal serupa. Pasalnya, kata Sigit, untuk akselerasi wujudkan Herd Immunity terhadap Covid-19, diperlukan kerjasama dan gotong royong antara pemerintah dan masyarakat.

"Kegiatan Vaksinasi ini diharapkan akan memberikan contoh bagi Pondok Pesantren lainnya untuk melaksanakan kegiatan serupa, "kata Kapolri.

Menurut Sigit, meskipun Indonesia sempat mengalami lonjakan penularan Covid-19 yang cukup tinggi, namun saat ini, berkat kerja dari pemerintah dengan didukung semua elemen masyarakat, angka penyebaran Covid-19 dan BOR dapat ditekan.

“Penurunan kasus Covid-19 ini dapat terjadi karena berbagai langkah-langkah extraordinary yang telah dilaksanakan oleh pemerintah dengan dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat mulai dari penguatan 3M, dan 3T, PPKM Mikro, penerapan PPKM Darurat, dan kebijakan PPKM level 1-4 yang dilanjutkan sampai saat ini dengan pelonggaran-pelonggaran yang diberikan secara bertahap sebagai bentuk kewaspadaan dan kehati-hatian pemerintah agar tidak terjadi lagi lonjakan Covid-19, "paparnya.

Lebih lanjut, Sigit juga mengajak dan mengimbau agar masyarakat dan para Santri serta pengurus Ponpes, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin, ketika melakukan aktivitas sehari-hari meskipun sudah mendapatkan vaksinasi.

Sementara itu, KH. Abdul Hakim Mahfudz yang lebih akrab dipanggil Gus Kikin menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan Forkopimda Jatim guna mempererat tali silaturahmi serta upaya pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan Pondok Pesantren melalui vaksinasi.

Serbuan vaksinasi Pemerintah lewat TNI-Polri di Jawa Timur sendiri digelar di 110 Pondok Pesantren se Jawa Timur, dengan sebanyak 315.581 dosis jenis vaksin Sinovac yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus hingga 7 September 2021 mendatang.

Sebagai tambahan informasi, saat ini berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI per tanggal 24 Agustus 2021, capaian vaksinasi nasional sudah di angka 28,19 persen dosis 1 dan 15,75 persen untuk dosis 2 dari 208.265.720 orang. (Hum/Tim/gw)

Topik Lain