Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Sunday, August 15, 2021

Tebu Tak Hanya Jadi Bahan Baku Pembuatan Gula Saja, Berikut Manfaat Lainnya Untuk Kesehatan

Tebu, Gambar/pixabay 
Gemawilis/KESEHATAN -
Banyak tumbuh dan sering ditemui di berbagai daerah yang memiliki iklim tropis. Tebu merupakan tanaman yang kebanyakan mengenalnya merupakan bahan baku utama pembuatan gula.

Di Indonesia sendiri tebu ditanam para petani untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan untuk pembuatan segala jenis produk seperti gula, msg atau micin, aneka minuman, dan beberapa jenis makanan maupun minuman lainya.

Rasa manis alami pada batang tebu, sesungguhnya memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan seperti antioksidan, protein, mineral, kalsium, karbohidrat, asam amino dan vitamin, serta air tebu murni juga mengandung serat yang tinggi dan juga mengandung semacam senyawa polifenol yang baik bagi kesehatan.

Mengkonsumsi tebu ataupun airnya secara benar bisa mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat tebu untuk kesehatan tubuh antara lain:

1. Menjaga dan Merawat Kulit

Kandungan antioksidan yang terkandung pada tebu dipercaya dapat menjaga dan merawat kulit, bahkan air tebu murni yang sering dijual dipinggir jalan tersebut juga dapat membantu meredakan infeksi kulit, mencegah penuaan dini dan merangsang perbaikan pada kulit tubuh.

2. Menghilangkan Masalah Bau Mulut

Kandungan mineral pada tebu dapat memperbaiki dan membuat enamel pada gigi untuk menjaga kebersihan, karena faktor penyebab bau mulut salah satunya ialah bersumber pada gigi.

3. Menambah Kekuatan Tulang dan Gigi

Pada masa kanak-kanak jaman dahulu banyak mereka mengkonsumsi tebu dengan cara dikunyah sehingga terkesan jorok. Padahal banyak hal positif yang didapat dari mengunyah tebu tersebut, kandungan kalsium pada tebu dapat membantu menguatkan tulang dan gigi pastinya.

4. Mencegah Dehidrasi Tubuh

Air tebu murni juga dipercaya dapat membantu mencegah dehidrasi pada tubuh. Terlebih jika cuaca sedang panas mengkonsumsi air tebu murni dapat membantu menambah cairan pada tubuh.

5. Memperkuat Sistem Imun Tubuh.

Kandungan Vitamin C dan Antioksidan pada tebu juga dapat menambah sistem kekebalan tubuh bahkan mengkonsumsi air tebu rutin dapat mencegah terhindarnya dari penyakit kanker prostat dan kanker payudara.

6. Menambah Energi Alami

Kandungan glukosa atau gula alami yang tinggi, dapat menambah pasokan energi yang diperlukan tubuh. Glukosa alami pada tebu dapat mendorong metabolisme yang ada didalam tubuh.

7. Membuat Tubuh Rileks dan Mengurangi Stres

Asam amino pada air tebu dapat merangsang tubuh untuk lebih rileks dan mengurangi kadar hormon stres. Selain itu asam amino dapat membantu mengatasi kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik dapat menjaga pikiran lebih tenang.

8. Menjaga kesehatan Kuku

Kesehatan kuku pada seseorang dipercaya menandakan indikator kesehatan setiap orang. Kandungan mineral pada tebu dapat membantu merawat kuku. Terlebih bagi wanita yang memperhatikan penampilan pada kuku, air tebu murni sangat direkomendasikan pada wanita untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat tersembunyi yang dimiliki dan terkandung pada tanaman Tebu. Mengkonsumsi secara rutin namun dengan dosis yang wajar tentunya dapat merasakan manfaat yang baik. Namun dengan mengkonsumsi secara berlebih dan tanpa terkontrol dapat menimbulkan beberapa masalah yang tidak diinginkan pastinya. (Ds/gw)

Topik Lain