Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, August 7, 2021

Sempat Booming Sebagai Penangkal Black Magic Santet, Kini Senthe Tumbuh Mudah Dijumpai

Tumbuhan Alocasia Plumbea atau Senthe talas hitam (Fot: istimewa)
Gemawilis -
Alocasia Plumbea, tanaman hias sejenis dengan tanaman keladi dan masih serumpun dengan tanaman talas. Keladi hitam atau lebih familiar dengan sebutan Senthe.

Ciri fisik paling menonjol pada tanaman satu ini ialah warna unik yang ungu cenderung kehitaman dengan bentuk daun yang berkerut menyajikan keunikan tersendiri bagi pecinta tanaman hias.

Pada masanya tanaman Senthe banyak sekali dicari ditoko-toko tanaman hias. Bahkan sempat booming hingga harganya pun juga ikut melejit sampai jutaan rupiah.

Namun pamor Senthe mulai redup ketika tanaman sejenis dengan talas ini ternyata banyak ditemukan di hutan-hutan dan sebagian banyak juga ditemukan di kebun milik warga masyarakat.

Kini tanaman Senthe kembali mulai muncul dipermukaan dan mulai kembali diburu pecinta tanaman yang berjenis keladi, bahkan jenis tanaman Keladi mulai bersaing harga dan keindahan dengan tanaman jenis Aglonema yang sama-sama mengandalkan warna daun sebagai nilai jual keindahannya.

Cara pembibitan atau memperbanyak tanaman ini, dapat dilakukan melalui biji yang terdapat pada kantung bunga. Ataupun juga dapat dilakukan dengan pembibitan dengan menanam bonggol akar dan umbi Senthe, serta juga dapat dilakukan dengan pemindahan anakan Senthe yang banyak tumbuh kecil-kecil disekitar tanaman induk.

Banyak mitos menyebutkan tentang Keladi hitam atau Senthe juga dipercaya sebagian orang sebagai penangkal Black Magic atau Ilmu hitam sejenis Santet dan Tenun. Warna hitam pada batang dan daun Senthe banyak dikaitkan dengan hal mistis tersebut.

Namun itu merupakan mitos belaka yang belum terbukti ilmiah mengandung sejenis energi positif maupun negatif. Tergantung pribadi diri sendiri, bebas berasumsi demikian. Entah terbukti ataupun tidak menanam tanaman satu ini memang dapat memberikan keistimewaan sendiri jika dijadikan koleksi tanaman hias kebun maupun teras. (Ds/gw)

Topik Lain