Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, August 13, 2021

Porang Makin Bergairah, Presiden Jokowi Akan Segera ke Madiun Resmikan Pabrik Pengolahan

Menteri Pertanian RI saat meninjau pabrik pengolahan porang di Kabupaten Madiun.
Gemawilis/Madiun -
Industri pengolahan Porang di Kabupaten Madiun makin bergairah seiring terus di dukungnya industri tersebut oleh pemerintahan pusat. Bahkan dikabarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera ke Madiun untuk meresmikan industri pengolahan porang.

Hal tersebut di katakan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat berkunjung ke industri pengolahan porang PT. Asia Prima Konjac di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, pada Jumat (13/8/2021).

Menteri Pertanian saat meninjau pabrik pengolahan porang di dampingi oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami, Wabup Hari Wuryanto dan jajaran eselon I di Kementarian Pertanian.

"Saya bersama Bupati Madiun dan jajaran eselon 1 Kementan dan stakeholder yang lain, datang ke industri porang di Madiun untuk persiapan kehadiran Bapak Presiden untuk melakukan peresmian industri dan sekaligus peletakan batu pertama untuk industri lanjutan, industri beras porang, "kata Mentan.

Syahrul menambahkan, Presiden Jokowi telah memilih porang sebagai komoditas unggulan baru di Indonesia, sehingga kedepan pergerakan aktivitas ekspor Indonesia ke mancanegara akan lebih beragam dan lebih optimal.

“Porang diminati dunia karena mengandung banyak nutrisi yang bisa dikonsumsi orang. Porang menjadi komoditi negara tropis dan spesifiknya Indonesia yang memiliki kemampuan itu. Sesuai perintah Pak Presiden, kita harus makan tidak saja beras, namun juga dengan komoditas lainnya seperti beras Porang ini, sehingga Presiden akan datang meski belum pasti jadwalnya, "jelas Syahrul.

Selain itu, Syahrul menuturkan saat ini kementerian yang dipimpinnya bersama pemerintah daerah dan pelaku usaha juga terus berupaya memperbaiki budidaya porang. Baik itu mulai dari proses pasca panen, pengumpulan hingga bagaimana membawanya masuk ke industri. (Tim/gw)

Topik Lain