Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Monday, August 16, 2021

Pisang Sultan, Varigata Manis dan Instagenik

Pisang Varigata (Fot: istimewa)
Gemawilis/PERTANIAN -
Memiliki citarasa yang sangat enak dan kaya akan nutrisi dan sumber vitamin, Pisang merupakan buah lokal yang memiliki beragam jenis, bentuk, rasa hingga warnanya pun beragam.

Pisang pada umumnya memiliki bentuk lonjong memanjang dengan buah yang terbungkus kulit lunak dengan tekstur daging yang bermacam-macam.

Bagi sebagian pecinta buah pisang beberapa dari mereka tengah heboh dengan adanya pisang instagenik dengan bentuk dan warna yang unik pastinya.

Masih satu jenis dengan pisang Varigata atau sering disebut musa Variegata yang asal usulnya dari Florida, kini pisang jenis ini telah banyak dibudidayakan dan tak jarang telah terjual laris dipasaran termasuk di Indonesia.

Pada umumnya bentuk dan pohon pisang ini sekilas memanglah mirip seperti pohon pisang tropis pada umumnya, perbedaan mencolok hanya pada daun dan buahnya saja. Pada jenis Varigata daun pisang ini tidak berwarna hijau polos akan tetapi daunya bergradasi.

Keunikan daun dapat dilihat dari warna daun yang berwarna hijau tua, hijau muda, putih, bahkan sedikit kekuningan. Corak pada daun inilah hal pertama yang menonjolkan keunikan pada pisang jenis Varigata ini.

Hal kedua yaitu pada bagian buahnya, buah yang dihasilkan pisang ini bak menyerupai buah mentimun ataupun buah krai yang biasa orang mengolahnya sebagai sayur. Warna belang pada buah yang bercorak hijau dan putih serta garis melintang pada buah menambah kesan artistik pada pisang Varigata ini.

Tak hanya keindahan daun dan buahnya. Pisang Varigata ini aman dikonsumsi manusia, karena rasanya pun nyaris mirip dengan pisang biasa yaitu manis dan enak tentunya.

Namun pisang jenis ini juga jarang diminati para petani untuk dikebunkan. Karena sifat sensitif yang mengakibatkan pisang ini susah untuk berbuah. Maka pisang ini divonis sebagian orang untuk tidak direkomendasikan ditanam dalam skala besar.

Ada beberapa dari para petani di Indonesia telah bereksperimen menanam pisan jenis ini, namun karena minim pengalaman pisang ini tidak dapat berkembang dengan maksimal. Oleh sebab itu di pasar Indonesia masih jarang sekali ditemukan.
Fot: istimewa
Kebanyakan dari mereka menanam pisang Varigata hanya ditanam sebagai tanaman hias pekarangan rumah. Bahkan beberapa dari mereka menanam pisang ini tak hanya di lahan kebun melainkan ditanam di dalam pot atau budidaya sistem Tambulampot.

Kerumitan penanaman tersebut sejalan dengan harga bibit pisang Varigata yang ditawarkan. Karena proses pembudidayaan yang terbilang lumayan rumit. Bibit pisang ini dibandrol dengan harga mulai di kisaran harga 200 ribu bahkan hingga jutaan rupiah.

Wah, lumayan fantastis bukan, meskipun tanaman itu hanya tergolong jenis pisang. Namun ada yang menyebut jenis Varigata merupakan jenis pisang yang tergolong pisang Sultan karena harga pisang terbaik saat ini jenis Cavendish masih dibawah harga pisang Varigata ini. (Ds/gw)

Topik Lain