Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, August 6, 2021

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Triwulan II 2021 Melesat Naik, Sektor Pertanian Jadi Penopang Tertinggi ke Tiga

Sektor pertanian di Jawa Timur menjadi penopang tertinggi ke tiga pertumbuhan ekonomi Jatim pada triwulan ke dua tahun 2021. (Fot/ilustrasi/Ist)
Gemawilis/Ekonomi -
Ditengah pandemi Covid-19 dengan berbagai penanganannya, laju pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur justru menunjukkan pergerakkan yang baik pada Triwulan ke II Tahun 2021. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur mampu melesat hingga 7,05 persen (y-o-y).

Pada triwulan II tahun 2021 ini, pertumbuhan ekonomi Jatim bergerak positif paling besar ditopang oleh, pertama, Industri pengolahan dengan share 30,23 persen dan pertumbuhan y o y sebesar 6,85 persen. Kedua, Perdagangan Besar, Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor dengan share 18,28 persen, pertumbuhan y o y sebesar 13,64 persen.

Selanjutnya, untuk kontribusi tertinggi ketiga pada struktur PDRB Jatim adalah sektor pertanian, kehutanan dan perikanan dengan share 12,37 persen dan laju pertumbuhan minus -3,14 persen (y-o-y).

Terkait hal itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa syukurnya lantaran di tengah upaya penanganan pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Jatim justru terkerek naik.

"Perkembangan ini menunjukkan bahwa perekonomian Jatim terus bangkit dan mengalami perbaikan meskipun pencapaiannya belum dapat kembali seperti sebelum pandemi Covid-19, "kata Khofifah. Surabaya, Jumat (6/8/2021).

Khofifah, yang juga Ketua Umum IKA UNAIR  tersebut menjelaskan, "PDRB Jatim sesungguhnya ditopang cukup besar oleh sektor pertanian. Namun, masa panen raya yang terjadi di triwulan I menyebabkan kontraksi di triwulan II, "jelasnya.

Dengan naiknya pertumbuhan ekonomi Jatim sebesar 7,05 persen (y o y) itu, Jatim mampu menjadi penyumbang ekonomi terbesar kedua di Pulau Jawa setelah DKI Jakarta (24,93%). Sedangkan untuk kontribusinya terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 14,44 persen, Jatim juga menjadi provinsi penyumbang terbesar kedua. (Tim/gw)

Topik Lain