Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, August 10, 2021

Pamor Kentang Tak Pernah Tergeser Dengan Tanaman Berumbi Lainya, Berikut Cara Prospek Budidaya Kentang

Lahan budidaya tanaman kentang (Fot: Ilustrasi/pixabay)
Gemawilis/PERTANIAN -
Mengandung sumber karbohidrat yang tinggi selain nasi dan jagung. Kentang, juga memiliki rasa yang berbeda dari keduanya, bahkan kebanyakan kentang sering diolah menjadi beberapa makanan maupun jajanan yang berbeda-beda.

Tanaman Kentang sendiri diambil dari hasil umbi yang tersimpan dan tumbuh didalam tanah. Dengan masa panen yang relatif singkat atau tidak terlalu lama.

Pada umbi Kentang, selain mengandung sumber Karbohidrat tinggi kentang juga memiliki manfaat lain salah satunya untuk kecantikan wanita seperti mengempeskan jerawat, memudarkan noda bekas jerawat, mencerahkan kulit, mengurangi kerutan diwajah, mencegah penuaan dini, mengatasi masalah kantung mata, meningkatkan produksi kolagen dan masih banyak lainya.

Untuk pangsa pasar, pamor Kentang tak pernah tergeser oleh beberapa tanaman berumbi lainya, karena umbi kentang merupakan jenis umbi yang bebas dimanfaatkan untuk beberapa makanan apapun. Seperti sambal goreng kentang, sup, pelengkap siomay, dan masih banyak lagi.

Namun sebagian petani kurang memahami potensi yang dimiliki tanaman kentang. Banyak petani lebih memilih menanam padi daripada kentang. Itulah sebabnya harga kentang siap konsumsi memiliki harga yang lebih tinggi dari padi (beras) yang siap konsumsi.

Jika dilihat dari tahap demi tahap tata cara penanamannya, kentang relatif lebih simpel dari pada padi. Meakipun ada beberapa poin penting yang patut diperhatikan. Berikut beberapa langkah sederhana tahapan budidaya Kentang;

1. Pelajari Syarat tumbuhnya
Kentang umumnya tumbuh di dataran tinggi diatas 1000 mdpl dengan suhu antara 15-20°C kadar kelembapan udara 80-90% dan dengan curah hujan 200-300mm tiap bulan, itulah syarat utama perkembangan Kentang yang bagus.

2. Pengolahan Serta Pemilihan Lahan Tanah
Pertama tentang kesuburan tanah yang utama. Kemudian dilakuakan penggemburan tanah serta
kebersihan lahan yang perlu diperhatikan. Lahan bekas tanaman sebelumnya lebih baik dibersihkan terlebih dahulu atau sterilkan dari sisa panenan tanaman sebelumnya. Beberpa poin itulah sangat diperlukan untuk penanaman kentang.

3. Penanaman Kentang
Umumnya penanaman Kentang dilakukan dengan membuat gulutan tunggal atau bedegan (single row). Dengan lebar 1m, tinggi 30-40cm dan jarak 80cm antar barisan dan 30cm jarak setiap baris.

4. Pemupukan
Pupuk segala jenis tanaman kebanyakan dianjurkan menggunakan pupuk kompos ataupun pupuk kandang. Namun untuk penopang pupuk tersebut dibutuhkan pupuk kimia seperti Za, Urea, dan KCI dengan dosis tergantung luasan tanaman. Pupuk kimia dapat diberikan saat tanam maupun tanaman telah berumur 2 minggu. Namun pastikan pemberian pupuk terlalu dekat dengan pemberian pupuk kompos maupun kandang.

5. Perawatan atau Pemeliharaan
Tahap ini merupakan langkah yang sangat mempengaruhi hasil jika saat penanaman cenderung tidak turun hujan, wajib dilakukan pengiriman, kemudian penyiangan bisa dilakukan 2 - 3 kali setiap satu musim tanam, penimbunan gulutan. Umbi kentang harus tertutup tanah. Karena umbi Kentang sangat tidak menyukai sinar matahari langsung.

6. Pengendalian Hama
Selain beberpa faktor diatas, pengendalian hama sangat perlu dilakukan karena tanaman kentang yang baik adalah tanaman yang terbebas dari hama dan penyakit.
Hal yang paling penting juga tentunya terkait hama dan penyakit yang harus dicegah maupun dikendalikan.

7. Saat Panen dan Setelah Panen
Kentang yang telah baik dipanen ketika kentang telah berumur kurang lebih 90 hari. Setelah kentang yang telah dipanen dilakukan penyortiran. Dengan tujuan pemilihan calon benih setelah masa tanam ataupun kelompok setiap ukuran dan berat umbi.

Itulah beberapa point yang perlu diperhatikan jika hendak menanam kentang. Lebih detailnya Anda dapat mempelajari cara beberapa orang yang telah berhasil membudidayakan tanaman tersebut. (Ds/gw)

Topik Lain