Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, August 24, 2021

Orang Dengan Tiga Kondisi Ini Tak Boleh Makan Sayur Kangkung

Gambar ilustrasi Wallpaperbeter.
Gemawilis/KESEHATAN -
Salah satu sayur hijau di Indonesia yang di konsumsi dan jadi kegemaran masyarakat adalah Kangkung. Selain murah, kangkung juga mudah didapatkan karena bisa tumbuh dimana saja dan rasanya juga enak.

Namun ternyata mengkonsumsi sayur kangkung tak selalu menyehatkan. Sebab, ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang dianjurkan untuk tidak menyantap sayur kangkung. Dikarenakan efek jangka panjangnya dapat mempengaruhi kesehatan.

Berikut, daftar orang dengan kondisi tertentu yang tidak disarankan untuk mengkonsumsi kangkung:

1. Penderita Asam Urat

Selain tidak boleh menyantap sayur hijau dengan jenis tertentu, ternyata penderita asam urat juga tidak disarankan untuk mengonsumsi sayur kangkung.

Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis sayur seperti kacang hijau, bayam, jamur, brokoli, kembang kol dan termasuk kangkung memiliki kandungan purin cukup tinggi. Sehingga tidak baik untuk kesehatan penderita asam urat.

3. Kondisi Badan Pegal-pegal

Dalam kondisi badan pegal-pegal atau capek, ada baiknya mengkonsumsi sayur kangkung juga dihindari. Sebab, kangkung juga mengadung kadar zat besi yang cukup tinggi.

Saat tubuh merasa pegal-pegal zat besi pada kangkung akan semakin menyuplai lebih tinggi zat besi kedalam badan karena kangkung juga mengandung zat kapur yang bisa membuat badan merasa pegal-pegal.

4. Kondisi Perut Kembung

Selain kandungan purin, zat besi, dan zat kapur, kangkung juga dikenal sangat tinggi serat. Sehingga cenderung menimbulkan gas di dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu, mengkonsumsi sayur kangkung pada saat perut sedang kembung akan semakin menimbulkan gas di dalam perut. (Ds/gw/sum: kesehatan)

Topik Lain