Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Monday, August 9, 2021

Morus Alba, di China Digunakan Sebagai Tanaman Obat, Berikut Khasiat Mulberry Untuk Kesehatan

Morus Alba mengandung banyak manfaat bagi kesehatan manusia (Fot: Ist)
Gemawilis/KESEHAT -
Memiliki bentuk mungil dengan butiran kecil dan memiliki citarasa manis ketika telah matang, buah Mulberry memiliki rasa masam yang membuat mata berkedip jika memakan buah yang masih mentah.

Buah Mulberry atau biasa dikenal dengan nama Murbey memiliki nama latin Morus Alba merupakan salah satu tanaman buah yang banyak ditemukan tumbuh liar di semak-semak maupun di pekarangan rumah.

Memiliki bentuk pohon yang berbatang tegak lurus agak silindris, berdiameter antara 30 hingga 60cm. Buah Murbey memiliki warna beberapa rupa mulai dari putih dan hijau ketika masih muda warna merah ketika setengah matang dan ungu kehitaman setelah matang.

Hampir seluruh bagian pada tanaman buah Murbey dapat dimanfaatkan, di negara China tanaman ini digunakan sebagai tanaman obat yang mempunyai beragam khasiat untuk beberapa macam penyakit.

Pada bagian buah Murbey mengandung nutrisi dan zat baik untuk tubuh seperti air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, Vitamin A9, Tiamin, riboflavin asam nikotinat, asam akibat dan masih banyak lagi.

Tak hanya dalam kondisi segar saja, dalam keadaan kering pun buah Murbey juga mengandung beberapa sumber nutrisi seperti protein, Magnesium, gula larut, fosfor, kalium, kalsium, aluminium, zat besi, silika, dan belerang. Buah Murbey diketahui efektif untuk pengobatan penyakit seperti penyembuhan pilek, influenza, peradangan mata, mimisan dan lain-lain.

Pada bagian daun juga dapat dimanfaat sebagai alternatif obat beberapa penyakit, karena pada bagian daunnya memiliki sifar antibakteri, astringen, diaforis, hipoglikemik, odontalgik, dan oftalmik. Bahkan penelitian terbaru menunjukan perbaikan pada penderita kaki gajah dengan pengobatan mengunakan ekstrak daun Murbey dan juga dosis oral dari getah daun murbey yang dipetik bisa digunakan pada penderita tetanus dengan kombinasi yang telah dicampur dengan gula.

Pada bagian lain, di kulit bagian dalam dapat dipanggang kemudian digiling menjadi bahan tambah makanan yang digunakan sebagai pengental dalam sup dan makanan berkuah lainya. Dan bagian tunas muda Murbey dapat dimanfaatkan sebagai pengganti ataupun alternatif bahan untuk membuat teh.

Asal buah satu ini berasal dari daerah subtropis, namun dengan melaui eksperimen para pembudidaya tanaman Murbey mengungkapkan, jika Murbey dapat hidup subur di daerah tropis dengan ketinggian antara 300 - 3.300 meter dari permukaan laut (mdpl).

Cara memperbanyak tanaman ini pun dapat dilakukan dengan mudah melalui biji kecambah pada buah maupun dapat dilakukan dengan metode stek di bagian batang tanaman buah Murbey. (Ds/gw)

Topik Lain