Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, August 20, 2021

Mengenal Rumah Peninggalan Belanda Dengan Keunikannya

Salah satu rumah peninggalan Belanda di daerah Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Kawasan pabrik kopi Kandangan, jalan baru Selingkar Wilis, sekarang difungsikan sebagai Rumah Sinderan pabrik Kandangan.
Gemawilis/SEJARAH -
Bangunan peninggalan Belanda baik berupa rumah, gudang, pabrik, loji (bangunan kono) di Indonesia masih sering dianggap angker atau tempat tinggalnya para hantu oleh masyarakat. Padahal bangunan peninggalan bangsa kulit putih itu, terutama rumah, memiliki banyak sisi keindah nan artistik yang mengagumkan.

Banyak bangunan peninggalan Belanda di nusantara, termasuk di daerah Kabupaten Madiun yang dibangun dengan arsitektur bergaya Art Deco yang digabungkan dengan gaya tropikal. Arsitektur khas Eropa yang populer sekitar tahun 1900-an dipadukan dengan gaya rumah tropikal sehingga pada waktu itu para meneer (orang belanda -red) bisa tetap merasa adem saat tinggal di dalamnya.

Salah satu kawasan rumah-rumah Belanda yang dibangun di Madiun adalah di daerah lereng Wilis, Daerah Desa Kare, Kecamatan Kare. Selain di daerah Kota Madiun tentunya, dengan beberapa pabrik (pabrik gula) dan gedung peninggalan yang lainnya.

Perlu diketahui, di mana disuatu daerah ada terdapat rumah Belanda, di situ berarti menjadi tempat pemukiman para pejabat VOC beserta kantor-kantor pentingnya.

Bahkan, beberapa bangunan peninggalan Belanda karena sangking kuatnya dan karena keberadaannya juga menyimpan banyak sejarah, ada juga yang masuk dalam daftar Cagar Budaya di Indonesia.

Daftar Cagar Budaya juga terbagi dalam lima jenis. Yakni, Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya.

Adapun ciri-ciri rumah peninggalan Belanda di Indonesia yang sangat khas adalah, rumah Belanda mempunyai aliran udara yang sangat baik. Sehingga saat berada didalam rumah Belanda kita akan merasakan udara yang bebas, sirkulasi udara sangat baik karena konsep pembangunannya selalu memperhatikan kenyamanan.

Hal itu bisa dilihat dari beberapa ventilasi yang selalu dipasang lebih di kebanyakan rumah Belanda juga langit-langit yang tinggi, rancangan ini juga secara tak langsung memberikan kesan dingin ketika masuk di dalamnya, meskipun kondisi cuaca di luar panas terik.

Ciri lain dari desain rumah Belanda biasanya juga mempunyai dinding yang cukup tebal dengan berbentuk yang unik, segi empat, segi lima, atau segi enam. Sedangkan untuk bagian pintu masuk biasanya di bangun pada bagian tengah, dan bisa juga berada di tepi kanan. (Tim/gw)

Topik Lain