Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, August 7, 2021

Jelang Suro, Perguruan Silat di Lereng Wilis Gelar Deklarasi Damai

Gemawilis -
Jelang bulan Muharram/Suro Tahun 2021, sejumlah Perguruan Pencak Silat di lereng Wilis, yakni, di wilayah Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) Deklarasi Damai yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kare. Sabtu (7/8/2021)

Deglarasi Damai dihadiri oleh Muspika Kecamatan Kare dan Ketua Ranting Perguruan Silat (IPSI) se Kecamatan Kare, diantaranya Sarni dari PSHT, Handoko dari PSHW, Tarmun dari Pandan Alas, dan Sunarto dari Pagar Nusa.

Dalam Deklarasi Damai Perguruan Pencak Silat se Kecamatan itu disampaikan, bahwa hasil dari Rapat Koordinasi tingkat Forkopimda Madiun terkait kegiatan pada bulan Suro tahun 2021 yaitu, kegiatan Perguruan Pencak Silat pada bulan Suro tahun 2021 ini ditiadakan baik nyekar, sarasehan, sukuran dan acara lainnya yang bersifat pengumpulan massa.

Tarnu Ashidiq, M. Si, selaku Camat Kare pada kesempatan itu menyampaikan terciptanya suatu kondisi yang aman kondusif dilingkungan warga masyarakat tidak bisa lepas dari peran serta perguruan pencak silat.

Oleh karena itu ia berpesan kepada ketua masing-masing perguruan untuk menghimbau kepada warganya agar tidak menggelar aksi-aksi massa dan selalu menaati Prokes karena situasinya masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Harapan kami para ketua masing-masing dapat menghimbau kepada warganya agar tetap patuh prokes dan selalu menjaga situasi Kamtibmas yang aman kondusif untuk Kabupaten Madiun khususnya wilayah Kecamatan Kare, "imbaunya.

Lebih lanjut Camat Kare menjelaskan, pelaksanaan rakoor dan pembacaan deklarasi damai tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi tingkat Forpimda Kabupaten Madiun jelang bulan Suro tahun 2021 di wilayah Kabupaten Madiun.

"Ini upaya bersama untuk menjaga Kamtibmas di Kabupaten Madiun sekaligus untuk terus menekan penyebaran virus Covid-19, juga upaya dari Muspika Kare untuk menjalin silaturahmi antar perguruan silat guna terwujudnya situasi aman kondusif diwilayah Kecematan, "pungkas Alumni Program Pasca Sarjana Unair Surabaya tersebut. (Tim/gw)

Topik Lain