Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, August 6, 2021

Jangan Sepelekan Kedawung, Ternyata Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Dok/Fot: Kiyanti
Gemawilis -
Parkia Timoriana merupakan nama latin dari tanaman Kedawung atau kebanyakan orang sering menyebutnya dengan Dawung.

Memiliki ciri fisik nyaris serupa dengan tanaman Petai ternyata Dawung memang masih dalam satu keluarga dekat dengan tanaman Petai atau dari Family Fabaceae. Yang memiliki ciri pohon yang tingginya hingga puluhan meter dengan diameter batang hingga 80 an cm bahkan bisa lebih.

Ciri-ciri lain pada bagian batang pohon tak jarang memiliki penopang papan di bagian dasar. Tak jarang pula tinggi batang penopang tersebut tingginya dapat mencapai 1 hingga 4 meter dengan luasan lebar 1 hingga 2 meter dan cenderung lebih keluar.

Pohon Dawung kebanyakan sering dijumpai di alam liar seperti di kawasan hutan lindung di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya hasil dari pohon Dawung sendiri digunakan sebagai campuran makanan, obat-obatan, hingga sampo rambut. Pohon Dawung sendiri banyak tumbuh di kawasan Asia hingga timur laut India, Bangladesh, Thailand, Malaysia, Myanmar, Filipina, Papua New Guinea, dan di Indonesia sendiri.

Pada bagian biji, Dawung dapat dikonsumsi seperti Petai pada umumnya, perbedaannya Petai muda dapat dikonsumsi langsung maupun dimasak, pada biji Dawung cara mengkonsumsi harus dimasak terlebih dahulu dengan cara dipanggang dan memiliki citarasa yang cenderung lebih pahit dari Petai.

Untuk kebutuhan Medis atau bahan kesehatan biji Dawung memiliki manfaat untuk pengobatan hepatalgia, edema, nefritis, diabetes dan kolik. Bisa jadi sebagai akibat dari aktivitas diuretik dan relaksasi.

Bagian Biji yang telah masak dengan dibakar kemudian dijadikan bubuk. Kemudian serbuk Dawung tersebut dapat di jadikan obat mengkonsumsinya dengan cara ditelan, biasanya dijadikan sebagai obat sakit perut, perut kembung dan sakit perut, atau dapat digunakan sebagai pengobatan kolera atau kram saat haid.

Selain itu biji yang telah menjadi bubuk dapat dioleskan secara eksternal pada luka, bisul, anti infeksi, dll cara kerjanya denga menghilangkan rasa sakit yang diakibatkan penyakit tersebut.

Pada bagian daunnya bisa digiling atau di haluskan dengan cara lain yang juga efektif untuk obat sakit perut. Selain itu daun dan atau kulit batangnya dioleskan untuk membersihkan luka dan bisul, dan sebagai obat kudis serta penyakit kulit lainya.

Selain tumbuh liar di belantara hutan pohon dawung terkadang ditanam sebagian orang untuk memberi keteduhan pada tanaman kopi dan tanaman lain yang memerlukan cahaya matahari tak langsung.

Untuk cara pengembang biakannya tanaman Dawung, memiliki cara khusus. Biji Dawung yang memiliki tekstur yang keras, memiliki tahap penyemaian terlebih dahulu yang memakan waktu beberapa minggu.

Untuk mempercepat pertumbuhan kecambah, dapat dilakukan dengan cara menuangkan sedikit air yang hampir mendidih pada benih atau biji perlu ketelitian, hindari dengan cara dimasak atau direbus terlebih dahulu. Kemudian rendam benih antara 12 - 24 jam dalam air hangat tersebut. Untuk menjaga goresan pada kulit benih yang dapat mengakibatkan gagal tumbuh, embrio atau cambah biji Dawung dapat direndam dulu selama 12 jam lagi sebelum disemai. (Ds/gw)

Topik Lain