Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, August 7, 2021

Jangan Panik, Kenali Efek Samping Vaksin Covid-19

Dok/Fot: Istimewa
Gemawilis -
Selain melakukan Protokol Kesehatan, seperti rajin Menuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak, saat ini salah satu cara yang paling aman untuk mencegah infeksi virus Covid-19 adalah dengan cara di vaksin.

Namun demikian, vaksi Covid-19 dengan menggunakan jarum suntik juga bisa menimbulkan efek samping seperti halnya penggunaan vaksin atau obat-obatan pada umumnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) WHO menyatakan studi menunjukkan efek samping vaksin Covid-19 sebagian besar ringan hingga sedang dan berlangsung singkat.

Efek samping itu umumnya hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari dan sangat jarang ditemukan efek samping yang lebih serius atau bertahan lama.

WHO menyatakan efek samping ini dapat muncul berbeda-beda pada setiap orang namun dengan efek yang wajar dan dapat diatasi.

Namun, tidak semua orang yang menerima vaksin Covid-19 akan mengalami reaksi setelah vaksinasi atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Hal yang perlu diingat adalah, KIPI jauh lebih ringan dibandingkan terkena Covid-19 ataupun komplikasi terkait Covis-19. Para ahli sepakat bahwa vaksinasi dan penerapan 3M merupakan cara kita keluar dari pandemi Covid-19.

Adapun beberapa tanda KIPI atau efek samping vaksin Covid-19 yang bersifat ringan dan bersifat sementara adalah;

1. Demam/mengigil/kedinginan
2. Mual/muntah
2. Kelelahan/rasa lelah
3. Sakit Kepala
3. Nyeri otot/nyeri sendi
4. Kedinginan
5. Diare
6. Nyeri di tempat suntikan pada lengan, di tempat suntikan

Reaksi diatas terjadi biasanya menandakan vaksin sedang bekerja di dalam tubuh kita. Sistem daya tahan tubuh sedang belajar cara melindungi diri dari penyakit. KIPI umumnya bersifat sementara, hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari (1-2 hari)

Adapun cara untuk mengatasi efek samping vaksin Covid-19 adalah, dianjurkan untuk melakukan istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, dan mengkonsumsi parasetamol jika demam (sesuai dosis yang dianjurkan).

Jika terdapat rasa nyeri pada tempat suntikan (lengan) tetap gerakkan dan gunakan lengan seperti biasa. Apabila perlu, kompres bagian yang nyeri dengan kain bersih yang dibasahi dengan air dingin. (Tim/gw)

Topik Lain