Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, August 14, 2021

Bawang Lanang Tak Melulu Buat Bumbu Dapur, Ini Manfaat Lainnya

Gambar bawang lanang/Fot: istimewa.
Gemawilis/KESEHATAN -
Identik dengan masalah bumbu dapur, bawang merupakan komposisi paling wahid di dunia masakan. Bahkan bisa dikatakan bawang memiliki peran utama dalam menciptakan rasa.

Ada beberapa jenis bumbu keluarga bawang yang sama halnya penting dan wajib ada di setiap pelengkap masakan seperti bawang merang, bawang putih, bawang bombay hingga dibagian daun juga dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap hidangan yaitu daun bawang.

Di dalam keluarga bawang putih ada satu jenis bawang yang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk tubuh, bawang yang dimaksud tersebut ialah bawang Lanang.

Bawang lanang atau sering juga disebut bawang putih tunggal, karena dikatakan demikian, bentuk bawang tersebut memang sangat berbeda dengan bawang putih seperti umumnya. Memiliki ciri-ciri bentuk berwarna bulat agak lonjong dan tidak sama sekali memiliki siung atau cabang bawang.

Bawang lanang memiliki banyak sekali manfaat pada tubuh, bahkan sebagian orang mempercayai bawang lanang memiliki khasiat bagi masalah kejantanan pria dewasa.

Adapun beberapa manfaat bawang lanang seperti:

1. Mengurangi kolestrol tubuh
2. Mencegah demensia pada otak manusia
3. Kurangi resiko flu dan jatuh
4. Turunkan berat badan
5. Atasi diabetes
6. Tingkatkan stamina
7. Obati asma
8. Meningkatkan stamina orang dewasa

Untuk cara mengkonsumsinya dapat digunakan dengan mencampurnya dengan bumbu seperti biasa. Bisa juga dibuat seperti dimasukan kedalam botol madu atau bisa juga langsung dikunyah seperti buah ataupun dengan cara lainya.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat tentang bawang lanang bahkan sebagian orang memang memanfaatkan bawang lanang untuk terapi pengobatan. (Ds/gw)

Topik Lain