Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, July 27, 2021

Budayakan Sarapan Nasi Pecel Madiun, Ternyata Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Gambar nasi Pecel (Fot: Ist)
Gemawilis -
Makan pagi, atau sarapan pagi dengan memilih menu nasi Pecel Madiun ternyata banyak manfaat yang kita dapat. Karena ternyata, di dalam nasi Pecel Madiun mempunyai beragam jenis gizi yang terkandung.

Makanan khas dari Madiun yang telah populer sejak tahun 1980an ini memang telah mendarah daging dikalangan masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Madiun yang identik dengan sarapan. Bersama bubur ayam, nasi uduk, dan soto ayam mereka seperti menu yang sering dikonsumsi diawal hari.

Selain harganya yang terjangkau, dalam nasi pecel juga terkandung beragam jenis gizi, karena sejatinya nasi tersebut merupakan rekomendasi para ahli medis jika ingin mengkonsumsi nasi di awal hari. Pasalnya dalam komponen nasi Pecel Madiun umumnya terdapat beberapa sumber gizi yang baik bagi kesehatan.

Adapun beberapa manfaat yang didapat jika kita mengkonsumsi nasi Pecel Madiun dengan porsi yang tepat.

1. Baik untuk kesehatan Mata
Kandungan sayur pada nasi pecel salah satunya sayur bayam yang mengandung vitamin A. Dimana vitamin A tersebut sangat baik bagi kesehatan mata.

2. Melancarkan pencernaan
Beberapa sayuran yang ada dalam komponen nasi pecel dapat memperlancar pembuangan kotoran dalam perut. Kandungan serat dan enzim pada sayur dapat membantu dan memelihara sirkulasi pencernaan yang mendorong keluarnya racun dan kotoran melalui BAB. Selain itu sambal kacang pada nasi pecel juga mengandung vitamin K yang bagus untuk kesehatan kulit.

3. Menjaga kulit wajah dari jerawat
Kandungan pada sayur dan sambal kacang pada nasi pecel juga dapat menjaga asupan vitamin yang diperlukan kulit. Vitamin A pada sayur sendiri membantu mencegah bahkan menghilangkan jerawat dan juga vitamin K pada sambal kacang juga dapat menjaga kulit lebih elastis dan kencang.

4. Menambah hormon/kesuburan
Selain sayuran hijau, sayuran seperti kecambah dan tauge selalu menjadi komponen komplit pada nasi pecel. Kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan pelindung sel dari serangan radikal bebas. Dan juga kandungan vitamin dapat menambah kualitas sperma pria yang dapat membantu kesuburan pada pria tersebut.

5. Meningkatkan kesehatan rambut
Selain vitamin E nutrisi pada tauge juga terdapat selenium yang berperan dalam memerangi jamur pada kulit kepala yang mengakibatkan gatal dan kering, selain itu juga dapat menghilangakan ketombe dan merangsang tumbuhnya rambut baru. Manfaat utama ialah mencegah kebotakan.

6. Menambah kekebalan tubuh
Nah bagi yang ingin menambah imun tubuh dengan memperkuat kekebalan tubuh. Juga direkomendasikan mengkonsumsi makanan ini. Peran vitamin A sendiri sejatinya tak hanya pada pencernaan dan penglihatan. Vitamin A juga dapat menjaga tubuh sari serangan bakteri yang parahnya dapat mengakibatkan infeksi. Dan dengan kolaborasi bersama vitamin C menambah produksi sel darah putih yang diperlukan sebagai penumpas resiko infeksi dan penambah kekebalan tubuh. Serta dapat juga mempercepat kesembuhan saat sedang sakit.

7. Menambah energi tubuh
Dalam satu porsi nasi pecel. Terdapat nasi yang dimana kandungan karbohidrat sebagai sumber energi tubuh sangat diperlukan saat mengkonsumsi sarapan pagi. Terutama bagi pekerja kasar yang membutuhkan banyak energi setiap pekerjaannya.

Itulah beberapa manfaat yang didapat setelah mengkonsumsi sarapan pagi dengan menu nasi Pecel Madiun. Ternyata nasin Pecel memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. (Ds/gw)

Topik Lain