Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Wednesday, July 28, 2021

Terkuak Rahasia Kenapa Masyarakat Baduy Tak Terpapar Covid-19, Ternyata Ini yang Mereka Lakukan

Gambar perkampungan Suku Baduy di Kabupaten Lebak, Banten (Fot: ANTARA)
Gemawilis -
Seperti kita ketahui bersama, pandemi Covid-19 telah tersebar di semua negara tak terkecuali Indonesia. Setiap hari tersiar kabar selaku ada saja korban meninggal karena terjangkit virus corona.

Namun ternyata ada salah satu suku di negara ini, Indonesia, yang sejauh ini warganya belum ada yang terkena atau menderita bahkan meninggal gegara virus Covid-19.

Dikutip dari Good News From Indonesia, Rabu (28/7/2021), tenaga kesehatan Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten, menyatakan belum ditemukan kasus masyarakat adat Baduy yang positif terkena virus corona (Covid-19).

Sementara Ketua Adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija mengatakan, tercatat dari 11.800 jiwa warga yang tersebar di 68 kampung hingga kini tidak ditemukan penyebaran Covid-19.

Suku Baduy sendiri terletak di Desa Cibeo, Kabupaten Lebak, Banten. Sekitar 40 kilometer dari Rangkasbitung. Lalu kenapa hal itu bisa terjadi, kenapa orang Baduy tidak satu pun yang terkena virus Covid-19? Ini rahasianya.

Pertama, sejak awal pandemi Covid-19 di umumkan oleh pemerintah, ternyata masyarakat Baduy juga langsung menggelar ritual yang di pimpin oleh para Puun (pimpinan adat Baduy).

Selain itu, masyarakat Baduy juga melakukan anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiplin untuk mematuhi imbauan tetua adat.

Selanjutnya mereka tidak banyak berkegiatan di luar daerah dan membatasi orang luar datang ke Baduy. Warga Baduy yang merantau di minta untuk pulang dan sebelum masuk ke pemukiman adat terlebih dahulu menjalani pengecekan kesehatan di Puskesmas setempat.

Fakta lain ialah, warga Baduy juga rutin minum obat tradisional dari cikur (kencur) dan jahe merah. Terakhir yang dilakukan Baduy adalah acara Selamatan. Selamatan kampung juga digelar guna mencegah malapetaka bencana termasuk pandemi Covid-19. (Tim/gw)

Topik Lain