Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, July 09, 2021

Rutin Bersepeda Dapat Meningkatkan Stamina Hingga Kurangi Resiko Diabetes

Gambar ilustrasi pixabay.
Gemawilis -
Olahraga asik dan menyenangkan tentu banyak orang menyukai trend olahraga satu ini. Ada yang memang sekedar hobi atau karena memiliki tujuan tertentu, sekarang menjadi favorit semua kalangan. 

Gowes atau bersepeda selain mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh, gowes juga sangat cocok untuk terapi pikiran selama beberapa hari disibukan dengan rutinitas bekerja maupun belajar.

Dalam beberapa tahun terakhir bersepeda memang banyak digemari bahkan menjadi favorit para remaja maupun orang dewasa terutama penduduk kota. Pada akhir pekan banyak orang memilih bersepeda ke jalan yang relatif sepi dan sejuk seperti di kampung-kampung maupun di track dataran tinggi di kaki pegunungan.

Bersepeda juga merupakan alternatif bagi kalian yang baru memulai pola hidup sehat seperti olahraga. Karena pada dasarnya bersepeda merupakan termasuk olahraga ringan yang banyak dianjurkan untuk para olahragawan pemula.

Berikut beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh:

1. Mengatasi masalah berat badan.

Selain mengatur pola makan, olahraga bersepeda sangat efektif menurunkan berat badan. Pada saat mengayuh sepeda pada durasi, jarak dan kekuatan kayuh sangat mempengaruhi kalori yang terbakar. Selain itu bersepeda juga sangat efektif membangun masa kekuatan otot mulai dari kaki hingga leher. Beberapa penelitian mengatakan bersepeda antara 30-60 menit dapat membakar lemak hingga 5kg pertahun.

2. Mencegah penyakit pada jantung dan pembuluh darah.

Bersepeda diketahui dapat menguatkan otot jantung dan banyak mengurangi kadar lemak yang ada dalam darah yang memicu penyakit jantung. Selain itu bersepeda rutin setiap hari juga dapat mengurangi resiko penyakit darah tinggi.

3. Mencegah resiko kanker.

Hobi bersepeda rutin setiap hari dengan diimbangi makanan sehat dan seimbang, dapat mencegah terjadinya resiko kanker. Bahkan bersepeda dengan porsi ringan juga dapat menjadi terapi bagi penderita kanker yang sedang mengalami masa pemulihan setelah pengobatan maupun perawatan.

4. Menghindari resiko Diabetes

Hanya memerlukan sekurang-kurangnya 30 menit dalam sehari, mengayuh sepeda dapat menekan resiko terkena penyakit Diabetes. Pada umumnya penderita Diabetes merupakan orang yang kurang memiliki aktifitas fisik sehingga resiko terkena penyakit ini lebih tinggi. Bersepeda secara rutin setiap hari alternatif bagi kalian yang berpotensi terkena penyakit ini.

5. Menambah kekuatan dan menstabilkan keseimbangan.

Selain terhindar dari beberapa penyakit berbahaya, bersepeda dengan posisi tegak dapat menambah kekuatan, kesimbangan dan juga kordinasi tubuh. Paling signifikan terasa ketika bersepeda rutin yaitu menjaga keseimbangan tubuh yang terjaga. Membuat tubuh lebih stabil dalam beraktifitas sehari-hari.

6. Meningkatkan stamina pada pria

Banyak penghobi sepeda merupakan kaum pria. Pada saat bersepeda otot kaki hingga pangkal paha hingga pinggang bekerja secara ekstra. Gerakan secara bergantian dan teratur dapat merangsang kekuatan pada reproduksi pria. Bersepeda secara rutin dapat menambah stamina, gairah dan terhindar dari resiko gangguan keperkasaan pria.

Itulah beberapa manfaat yang didapat jika rutin bersepeda meskipun dengan kesibukan rutinitas setiap hari. (Ds/gw)

BERITA TERKAIT