Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, July 24, 2021

Menyerupai Rumput Liar dan Pahit, Sambiloto Menyimpan Segudang Khasiat

Gemawilis -
Sering dijumpai tumbuh diantara rerumputan, Sambiloto nyaris menyerupai rumput liar pakan hewan ternak yang banyak tumbuh disekitar rumah maupun kebun.

Banyak orang awam yang belum mengetahui khasiat yang dimiliki tanaman ini. Namun bagi orang yang sering mengkonsumsi jamu, pasti tidaklah asing dengan tanaman satu ini.

Mempunyai rasa pahit yang menjadi ciri khas tanaman ini, tanaman Sambiloto mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan antara lain seperti anti bakteri, antipirekti, anti inflamasi, dan analgesik. Dimana beberapa jamu herbal sering menggunakan tanaman Sambiloto ini sebagai campuran ramuannya.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menemukan verietas unggulan tanaman Sambiloto yaitu Sambiloto varietas jenis Sambina 1.

Dilansir dari Balitbangtan, jenis Sambina 1 dapat menghasilkan 7,4 ton terna per hektar, yang mengandung andrographolid 0,47-1,84% yang dapat memenuhi standar Farmakope Herbal Indonesia sekitar 0,64%.

Tanaman Sambiloto sendiri memiliki ciri yaitu daun berbentuk lonjong agak runcing, tingginya tak lebih dari 1meter, bentuk penampang batang agak persegi dan berwarna hijau, salah satu jenis tanaman perdu serta memiliki bunga berbentuk labiati.

Dibeberapa daerah bahkan ada yang membudidayakan tanaman ini dengan konsep pergitungan umur panen buah antara 1 hingga 2 bulan dari mulai tanam dengan benih yang telah berumur sekitar 1 bulan setelah bunga Sambiloto tersebut mekar.

Buah tanaman Sambiloto sendiri bentuknya pipih agak lonjong berwarna dominan coklat cenderung keunguan, dan bijinya berbentuk kotak dengan sisi agak bulat serta memiliki warna coklat terang.

Tanaman Sambiloto jenis ini memiliki kadar sari larut dalam air antara 21-33%, kadar sari laut dalam ethanol di angka 14-23% dan kadar andrographolid (bubuk) antara 0,5-1,8%. Oleh sebab itu tanaman Sambiloto jenis Sambina 1 memiliki potensi untuk dikembangkan lebih luas lagi, jika dilihat dari data diatas tadi. (DS/berbagai sumber)

Topik Lain