Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Saturday, July 10, 2021

Mendes PDTT Ingatkan Warga Desa Waspada Cuaca Dingin Bisa Turunkan Imun

Gemawilis - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta warga yang ada di desa untuk mewaspadai cuaca pada ahir-akhir ini.

Dilansir dari berita Jatim Antara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah wilayah beberapa hari terakhir suhu udara lebih dingin, termasuk di Pulau Jawa bagian timur.

Untuk itu, Mendes mengingatkan supaya warga desa waspada karena cuaca dingin beberapa hari terakhir ini menurutnya dapat menurunkan imun tubuh.

"Ini bisa berdampak pada menurunnya imun. Harus diantisipasi di tengah pandemi seperti ini, "ujar Mendes PDTT dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta. Dikutip dari Jatim Antara. Jumat (9/7/2021).

Mendes PDTT menambahkan, hasil penelitian menunjukkan jika virus Covid-19 ternyata lebih tahan pada kondisi dingin dan kering, yang umumnya terjadi di musim dingin.

Selain itu, Menurut Gus Halim (sapaan akrab Abdul Halim Iskandar) kelembaban udara yang rendah juga dapat mendorong penguapan cipratan atau droplet virus menjadi partikel aerosol kecil yang bertahan di udara. Sehingga dapat meningkatkan risiko penularan melalui udara musim dingin.

Oleh karena itu, Gus Halim menyarankan agar warga desa mencukupi waktu istirahatnya dengan baik yaitu tidur minimal tujuh jam, konsumsi makanan bergizi, dan konsumsi tanaman herbal seperti jamu-jamuan agar bisa tingkatkan imunitas tubuh.

Lebih lanjut, Gus Halim juga meminta agar Kepala Desa segera mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Keluarga Penerima Manfaat. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT