Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Saturday, July 10, 2021

Mau Kurban? Anda Harus Tau Syarat Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha

Gambar ilustrasi pixabay.
Gemawilis -
Dalam Islam, Hari Raya Idul Adha sangat identik dengan berkurban hewan. Sebab hal itu memang diwajibkan bagi umat muslim yang sudah mampu. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika hendak melakukan kurban.

Hewan kurban memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar ibadah kurban yang akan dilakukan lebih sempurna. Berikut beberapa syarat yang harus di perhatikan.

1. Jenis Hewan Kurban
Syarat pertama adalah, jenis hewan kurban harus binatang yang dihasilkan dari ternak. Seperti unta, sapi, kambing, domba, dan kerbau.

2. Usia Hewan Kurban
Usia hewan kurban harus ssudah mencapai umur minimal yang ditentukan di dalam syari'at. Usia hewan ternak yang boleh dijadikan hewan kurban adalah:
Unta minimal berusia 5 tahun dan telah masuk pada tahun ke-6.
Sapi minimal berusia 2 tahun dan telah masuk pada tahun ke-3.
Kambing minimal berusia 1 tahun dan telah masuk pada tahun ke-2.
- Domba berusia 1 tahun atau minimal berusia 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba berusia 1 tahun.

3. Sehat dan Tanpa Cacat
Rasulullah SAW merinci beberapa hal yang tidak boleh dialami oleh hewan yang akan dijadikan kurbankan. Untuk memenuhi syarat hewan kurban, jangan memilih hewan yang sedang sakit, buta, pincang, sangat kurus dan tidak mempunyai sumsum tulang. Pilihlah hewan kurban yang sehat dan tidak ada cacat pada tubuhnya.

4. Menyembelihan Hewan Kurban
Waktu penyembelihan hewan kurban harus dilakukan pada waktu yang telah ditentukan syari'at. Menurut Ibnu Rusyd dari Madzhab Maliki didukung oleh Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah, dan Imam lainnya, penyembelihan dilakukan setelah salat Idul Adha.

Sedangkan untuk batas akhir penyembelihan hewan kurban adalah pada saat terbenamnya matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah. Sedangkan menurut Madzhab Syafii adalah 4 hari setelah Idul Adha.

5. Hewan Kurban Bukan Milik Orang lain
Hewan kurban tidak sah jika berasal dari hasil mencuri. Tidak sah jika milik orang lain. Dan tidak sah hukumnya berkurban jika hewan berasal dari hewan gadai atau pun hewan warisan.

Demikian syarat ketentuan berkurban di Hari Raya Idul Adha yang harus di pahami. Semoga bermanfaat. (Ds/gw)

Rekomendasi