Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, July 24, 2021

Lempuyang Muda Bahan Utama Botok Lireh yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Gambar tanaman Lempunyang (Fot: Ist)
Gemawilis -
Banyak sebagian orang belum mengetahui bahkan tidak tahu dengan tanaman Lempuyang. Memiliki ciri-ciri nyaris menyerupai tanaman Lengkuas, mulai dari daun, batang, hingga rimpang yang mengakar di dalam tanah.

Lempuyang sendiri memiliki nama berbeda di setiap daerah dan lebih banyak dikenal dengan nama Puyang. Di daerah Jawa sendiri banyak memanfaatkan tanaman Lempuyang sebagai obat tradisional sejak turun temurun, bahkan Lempuyang muda pun kerap dijadikan sebagai makanan sayur lauk yaitu Botok Lireh (lirih).

Manfaat tanaman Lempuyang sendiri bagi kesehatan sangatlah banyak, terlebih jika dikonsumsi rutin setiap hari dapat meningkatkan imun tubuh, dan juga Lempuyang sendiri terkenal dengan obat tradisional penurun demam dan meringankan rasa nyeri pada tubuh, baik nyeri akibat luka maupun pegal linu.

Mempunyai nama latin Zingiber zerumbet, Lemluyang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias maupun tanaman pagar pinggiran rumah. Lempuyang juga memiliki bunga yang cantik berwarna merah cerah.

Banyak digunakan sebagai campuran obat herbal, Lempuyang mengandung beberapa zat yang baik bagi kesehatan antara lain zat zerumbone yang memiliki efek antioksidan, antiradang, antidiabetes, antibakteri, dan antikanker. Selain itu Lempuyang memiliki nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, kalium, magnesium, kalsium dan vitamin C.

Memiliki ragam kandungan yang baik bagi dunia kesehatan, Lempuyang dapat dikonsumsi langsung tanpa adanya campuran rempah yang lain, namun umumnya lebih sering diolah sebagai jamu, teh dan dalam bentuk suplemen. Khasiat utama tanaman Lempuyang antara lain :

1. Meminimalkan Peradangan
Zat anti inflamasi pada Lempuyang dapat meminimalisir peradangan, akibat infeksi dari virus maupun bakteri. Dan ampuh untuk memulihkan luka dengan ditandai rasa demam, nyeri hingga pembengkakan pada tubuh yang terluka.

3. Penurun Demam
Seperti dijelaskan sebelumnya, zat zerumbone memiliki zat anti radang dan penurun demam alami.

4. Meringankan rasa Nyeri Pada Persendian
Rasa sakit pada persendian umumnya dirasakan para lansia. Mengkonsumsi Lempuyang secara rutin dapat meringankan bahkan mencegah rasa sakit pada persendian. Yaitu zat anti radang dengan segera meringankan rasa sakit yang terasa setiap saat.

5. Mencegah bertumbuhnha Sel Kanker
Zat anti kanker pada Lempuyang, dapat meminimalkan potensi terkena penyakit kanker. Dan bagi para penderita, olahan rimpang Lempuyang dengan pengolahan yang benar dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita.

5. Mengontrol kadar gula darah tubuh
Bagi para orang yang berpotensi terserang penyakit gula darah dari faktor keturunan. Disarankan untuk mengkonsumsi Lempuyang ini. Banyak peneliti mengatakan bahwa campuran Lempuyang pada jamu herbal dapat membantu menetralkan gula darah yang berlebih.

Selain khasiat yang didapat diatas, Lempuyang dapat mengobati masalah pada perut seperi diare, mual dan kembung pada perut. Dan juga Lempuyang juga dapat menambah nafsu makan, mengontrol tekanan darah hingga menjaga kesehatan syaraf dan otak.

Itulah beberapa referensi tentang ulasan singkat Lempuyang yang banyak orang tidak mengetahuinhya. (Ds/gw)

Topik Lain