Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, July 15, 2021

Kerap Dikira Ubi Beracun, Singkong Varigata Memiliki Tekstur Umbi Lembut Cocok untuk Program Diet

Gemawilis -
Banyak dijumpai di pekarangan rumah, tanaman singkong jenis Varigata ini memang pada dasarnya tergolong sebagai tanaman hias, karena memiliki daun yang bercorak kuning seperti motif batik.

Singkong Varigata memiliki beberapa nama di setiap daerah mulai dari Ibi Kuning, Ubi Batik hingga ada yang menyebutnya Ubi Raja, namun lebih sering disebut singkong Varigata.

Singkong Varigata sendiri merupakan salah satu dari beberapa jenis singkong yang ada di dunia, memiliki ciri-ciri utama di bagian daun berwarna kuning agak keputihan bertepi hijau dengan batang daun berwarna merah serta batang utama berwarna cenderung kuning agak putih kecoklatan.

Sama seperti singkong pada umumnya, tanaman berumbi tersebut sering dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang mengkonsumsinya.

Selain memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, singkong juga mengandung kalori, protein, lemak, zat besi, dan kaya akan vitamin B dan C. Khususnya bagi umbi singkong Varigata memiliki ciri kulit yang halus dengan daging yang lembut berwarna kuning tanpa ada rasa pahit maupun getir atau langu, sehingga aman jika langsung dikonsumsi dengan direbus ataupun diolah dengan cara yang lain.

Selain hasil umbi yang dapat dikonsumsi bagian daun dari singkong Varigata juga dapat dikonsumsi seperti daun singkong jenis lain pada umumnya. Daun ubi kayu ini mengandung pigmen karotenoid dimana jika daun direbus air hasil rebusannya akan berwarna sedikit kuning dan jika dikonsumsi daun ubi Varigata ini juga sangat baik bagi kesehatan tubuh karena kandungan zat seperti protein, lemak, zat besi dan juga kalsium ada pada daun singkong ini.

Banyak riset membuktikan jika singkong jenis ini dapat mengatasi masalah pencernaan, mencegah anemia, sumber energi dan sangat baik untuk para wanita untuk menunjang program diet karena singkong ini mengandung rendah lemak.

Dari segi ekonomi singkong Varigata memiliki pangsa harga pasar yang lebih tinggi dari singkong jenis lain. Kerena dari segi keindahan tanaman ini mempunyai daya tarik yang berbeda karena keunikan warna daunnya, bahkan sebagian orang menjadikan singkong ini sebagai tanaman hias depan rumah. (Ds/Tim/gw)

BERITA TERKAIT