Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Wednesday, July 28, 2021

Ciri-Ciri Orang Terpapar Covid-19 yang Harus Segera di Bawa ke Rumah Sakit

Gambar ilustrasi/pixabay
Gemawilis -
Seiring terus meningkatnya penularan virus Covid-19, maka ketersediaan ruangan di Rumah Sakit untuk merawat pasien Covid-19 sangat terbatas. Sehingga banyak orang yang mengidap gejala ringan diminta untuk isolasi mandiri (isoman) di rumahnya masing-masing.

Namun, tidak semua orang terpapar Covid-19 harus isoman di rumah. Karena ada pasien yang mempunyai ciri-ciri tertentu yang harus segera di bawa ke Rumah Sakit. Oleh karena itu kita wajib tau ciri-ciri orang seperti apa yang harus di bawa ke Rumah Sakit agar segera mendapatkan penanganan lebih intensif.

Adapun ciri-ciri seseorang yang terkena virus Covid-19 dan harus di bawa ke Rumah Sakit adalah pasien dalam gejala sedang hingga berat. Karena dalam kondisi ini orang yang terkena Covid-19 sudah tidak mungkin jika hanya mendapatkan perawatan di rumah atau hanya isoman saja. Sebab mereka butuh perawatan medis di Rumah Sakit dari tim ahli.

Berikut ciri-ciri orang terkena virus Covid-19 dan harus di bawa ke Rumah Sakit yang Gemawilis rangkum dari berbagai sumber terpercaya,

1. Jeda Nafas yang cenderung lebih Tinggi
Nafas seseorang yang dapat dikatakan normal apabila hembusan nafas antara 12 hingga 20 kali per menit dengan kondisi tenang seperti istirahat. Perbedaan pada penderita Covid-19 melebihi jumlah wajar di kisaran 24 kali per menit. Maka sangat dianjurkan segera mungkin dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

2. Turunnya Saturasi Oksigen
Selain jumlah hembusan nafas, saturasi oksigen menjadi hal wajib yang perlu diperhatikan. Dalam kasus tersebut pasien yang bisa jadi kekurangan oksigen tanpa adanya gejala apapun yang sering tidak disadari. Dalam kondisi tersebut merupakan happy hipoxia dan dapat berakibat fatal bagi penderita Covid-19 khususnya. Dalam saturasi oksigen pada orang normal  di angka 95% hingga 100% dan saturasi oksigen pada penderita Covid-19 umumnya dibawah angka tersebut, dan jika melebihi ambang batas normal pasien harus segera dilarikan ke rumah sakit.

3. Menghitung jumlah detak jantung
Ciri-ciri selanjutnya untuk pasien Covid-19 yang harus dibawa ke rumah sakit adalah tentang jumlah detak jantung. Seperti halnya jumlah nafas per menit di penjelasan diatas tadi, para isoman maupun kita sendiri juga wajib mencermati jumlah detak jatung per menitnya. Dalam kondisi normal manusia umumnya memiliki detak jantung yang terhitung sekitar 120 per menit. Dan bagi kalian yang memiliki gejala-gejala lain serta detak-an jantung jauh dibawah normal. Sangat dianjurkan segera mendapat perawatan lebih dengan membawa kerumah sakit dengan cepat.

4. Terasa Demam dan Muntah
Pada kondisi ini penderita sangat diwajibkan mendapat perhatian khusus serta segera mendapat pertimbangan karena gejala tersebut. Kondisi tersebut jika hanya mengandalkan isoman sangat riskan dalam memperparah keadaan.

Dengan demikian sedikit wawasan bagi para pasien dan calon pasien agar lebih teliti dalam memahami kondisi kita dan orang terdekat kita. Sebab pertolongan yang cepat dan tepat dalam penanganan penderita Covid-19 akan menyelamatkan para penderita yang kurang mendapatkan wawasan tentang isolasi mandiri dan penanganan selanjutnya pada pasien. (Ds/gw)

Topik Lain