Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, July 19, 2021

Bukan Porang Komoditas Unggulan Indonesia yang Laris di Pasar Dunia

Gemawilis -
 Mempunyai kekayaan alam yang berlimpah menempatkan Indonesia sebagai penyuplai beberapa kebutuhan pokok dunia.

Beberapa tahun terakhir Indonesia disibukan dengan ekspor komoditas tanaman porang. Tak heran banyak lapisan masyarakat dari kalangan rendah hingga kalangan atas melirik potensi pada ekspor porang dalam bentuk umbi mentah maupun telah diolah menjadi chip dan tepung.

Namun jangan salah, sebelum booming nya tanaman Porang. Indonesia telah berkontribusi memegang peran penting di pasar Internasional. Beberapa komoditas unggulan tersebut bahkan hingga sekarang masih jauh diatas tanaman Porang tersebut.

Sebelumnya, Komoditas merupakan bahan mentah untuk produksi yang diperjualbelikan dan dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga komoditas unggulan adalah barang dagang paling besar yang diperjualbelikan. Berikut beberapa komoditas ekspor unggulan dari Indonesia sejak dulu hingga sekarang:

1. Kopi
Memiliki iklim tropis di beberapa daerah Indonesia sangat cocok sebagai kiblat budidaya kopi. Banyak daerah di dataran tinggi Indonesia berkecimpung dalam budidaya tanaman Kopi ini. Kopi jenis Robusta dan Arabika menjadi aset tak ternilai yang dimiliki Indonesia hingga sekarang.

2. Minyak Kelapa Sawit
Sekitar ratusan ribu pohon kelapa sawit telah tumbuh subur di bumi pertiwi. Pohon ini menjadi pokok penghasil Minyak Kelapa Sawit yang dimana merupakan penyumbang devisa terbesar di Indonesia dengan pasar Internasional seperti negara India, Tiongkok, Singapura, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat dan masih banyak lagi. Ekspor minyak kelapa sawit merupakan komoditas ekspor terbesar di Indonesia.

3. Kakao
Banyak diketahui sebagai bahan utama pembuatan coklat, kakao merupakan produk unggulan ekspor Indonesia yang menempati posisi ketiga penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Tak hanya di Asia, kakao Indonesia juga telah lama sampai di negara  seperti Kanada, Swiss, Jerman, hingga Amerika Serikat.

4. Karet
Menempati posisi kedua penyumbang devisa terbesar. Karet merupakan bahan dasar pembuatan segala bentuk suatu benda yang memiliki sifat elastis. Pohon karet sering dijumpai di lereng pegunungan hingga di kaki-kaki pegunungan di seluruh Indonesia.

5. Udang
Sebagai negara maritime dengan laut yang luas menjadikan Indonesia kaya akan hasil lautnya seperti udang, yang merupakan komoditas unggulan untuk diekspor hampir ke seluruh Asia dan Eropa.

Itulah beberapa komoditas unggulan Indonesia yang dapat terus dikembangkan para petani Indonesia. Banyak negara lain menginginkan lahan pertanian dan perkebunan seperti Indonesia, karena dibeberapa negara mereka menanam pohon cabai pun memerlukan peralatan yang khusus. (Ds/gw)

BERITA TERKAIT