Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, July 30, 2021

Bisa Tumbuh Tanpa Dirawat, Kecipir Menyimpan Segudang Manfaat

Kecipir atau Psophocarpus tetragonolobus A. DC (Ilustrasi/Fot: Ist)
Gemawilis -
Sering dijumpai tumbuh menjalar di sekitar rumah maupun menjalar ke batang pohon terdekat. Tanaman kecipir merupakan tanaman tahunan yang berbentuk perdu pada umumnya. Memiliki nama latin Psophocarpus tetragonolobus A. DC yang masih dalam keluarga Papilionaceae.

Tanaman kecipir sendiri dibedakan dari ciri warna bunga dengan dua jenis yaitu kecipir berbunga ungu dan kecipir berbunga putih. Pada kecipir yang memiliki bunga berwarna ungu panjang pada buahnya antara 15 - 20 cm dan bijinya besar.

Sedangkan untuk kecipir berbunga putih  panjang buahnya antara 30 - 40 cm dan bijinya kecil atau lebih kecil dari yang berbunga ungu. Pada salah satu bentuk yang sepintas hampir mirip kara, namun perbedaannya yang mencolok pada buahnya.

Ciri khas kecipir yaitu membentuk umbi dibagian dasarnya, serta cenderung membelit ke kiri. Umbi kecipir pada dasarnya berumbi besar yang dapat dimakan, memiliki bau tidak langu pada daunya yang warnanya dominan berwarna hijau.

Buah kecipir memiliki panjang antara 15-40 cm, berwarna hijau, bentuknya segi empat yang diseginya berusuk dan memiliki sayap. Dan juga buah kecipir memiliki rasa enak dan sering digunakan sebagai sayuran entah itu dimasak berkuah maupun dibuat pelengkap semacam salad sayur atau bahasa jawanya disebut kulub.

Dalam buah kecipir terdapat semacam biji yang dimana biji tersebut mengandung sumber protein nabati dan juga mengandung sumber vitamin seperti vitamin A, B, C dan juga mengandung lemak. Bentuk biji kecipir berbentuk bulat, saat masih muda berwarna kuning dan ketika kecipir telah tua menjadi warna coklat dengan rasa getir.

Jarang sekali para petani yang membudidayakan tanaman ini. Selain ditanam untuk dikonsumsi pribadi tanaman kecipir memanglah tanaman yang termasuk tumbuhan perkarangan bersama buah labu/waluh tumbuh tanpa dirawat dengan spesial.

Berikut manfaat kecipir untuk tubuh manusia, diantaranya:

1. Mencegah penuaan dini
2. Menjaga kesehatan mata
3. Mencegah anemia dan penyakit jantung
4. Menjaga sistem saraf agar tetap sehat
5. Mencegah asam
6. Membantu mencegah diabetes
7. Meningkatkan kekebalan tubuh
8. Melawan pilek
8. Membantu pencernaan
9. Mencegah asam urat
10. Mengurangi peradangan, dan
11. Mengatur suasana hati dan siklus tidur

Jika dilihat dari nutrisi yang dimiliki, seharusnya kecipir lebih digemari. Karena kecipir sendiri selain memiliki banyak zat yang diperlukan tubuh, kecipir juga memiliki manfaat yang spesial lainya yaitu gratis tinggal petik di pekarangan rumah karena bisa mudah tumbuh dimana saja dan tanpa perlu perawatan khusus. (Ds/gw)

Topik Lain