Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Thursday, July 22, 2021

Aroma Terapi Segar Tanaman Dilem Memiliki Banyak Manfaat

Gemawilis -
Mempunyai nama berbeda dibeberapa tempat tanaman Nilam memiliki nama latin Pogostemon cablin atau sering disebut tanaman Dilem merupakan tumbuhan yang mempunyai aroma terapi yang menyegarkan.

Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis diberbagai daerah di Asia. Di Indonesia sendiri tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk minyak wewangian dan juga sering digunakan sebagai obat tradisional.

Tanaman ini mempunyai ciri-ciri diantaranya memiliki tinggi rata-rata 400-900cm, bercabang banyak, batang hingga daun berbulu halus, dan memiliki batang berwarna biru cenderung ungu.

Untuk bahan baku utama parfum daun nilam sering digunakan sebagai minyak nilam atau minyak atsiri. Selain dimanfaatkan sebagai minyak wangi di luar negri daun nilam juga digunakan untuk bahan pembuatan dupa.

Selain untuk bahan baku minyak wangi, daun nilam juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat tradisional salah satu cara pengolahannya dengan cara daun nilam direbus dengan air. Air rebusan daun nilam dipercaya dapat mengobati beberapa macam penyakit.

Berikut beberapa khasiat dari pemanfaatan daun nilam. Dengan dikombinasikan dengan tanaman herbal lainya, ramuan obat tradisional ini sangat baik bagi kesehatan bahkan sangat baik bagi kecantikan wanita. Khasiatnya daun nilam antara lain:

1. Pereda Sakit Kepala
Cara mengolah daun Nilam sebagai obat sakit kepala sangat simpel caranya daun yang telah dicuci bersih kemudian rebus dengan air. Air rebusan daun nilam inilah yang efektif meredakan sakit kepala biasa maupun sakit kepala sebelah atau migrain.

2. Obat mujarab penyakit disentri
Daun nilam dapat sebagi alternatif pertolongan pertama penyakit disentri. Air rebusan daun nilam juga efektif meredakan gejala disentri seperti mual, muntah, demam, diare dan kram pada perut.

3. Obat bisulan
Penyakit bisul memang sangatlah mengganggu, apalagi jika penyakit ini menyerang dibagian tubuh yang rawan membuat bisul pecah. Tentu perih, sakit dan gatal. Cara mengolah untuk obat bisul ialah dengan merebus daun nilam segar, setelah agak dingin/hangat balurkan daun yang telah direbus kebagian kulit yang terserang bisul.

4. Meredakan penyakit rematik
Tak hanya bagian daun, bagian akan nilam dapat meredakan penyakit rematik. Caranya ambil akar daun nilam secukupnya kemudian cuci bersih lalu remas-remas akar tersebut baru setelah itu balurkan ke bagian tubuh yang terserang rematik. Diamkan hingga akar tersebut mengering, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari 2 3kali sehari, secara bertahap penyakit rematik anda akan berkurang sedikit demi sedikit.

5. Merawat kesehatan organ ginjal
Tanaman nilam memang kaya akan manfaat terutama dibagian daunnya. Sama seperti diatas minum air rebusan ginjal juga sangat baik bagi kesehatan ginjal.

6. Menetralisir infeksi pada luka
Daun nilam yang telah diolah menjadi minyak atsiri dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama pada luka yanh berpotensi mengakibatkan terjadinya infeksi. Senyawa antibiotik yang ada didalam minyak atsiri dapat mencegah berkembangnya bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi.

7. Menghilangkan jerawat.
Menggunakan daun nilam sebagai masker dapat menghilangkan jerawat yang membandel. Penggunaan masker daun nilam juga dapat membuat kulit kusam dan bintik hitam hilang. Selain itu wajah akan terasa lebih halus.

8. Melancarkan kencing
Susah buang air kecil atau kencing sangatlah berbahaya jangka panjang penyakit berbahaya seperti gangguan prostat pada lelaki. Mengkonsumsi air rebusan daun nilam secara rutin dapat melancarkan pembuangan air seni pada laki-laki.

9. Mencegah bahkan menghilangkan bau badan
Daun nilam sendiri memang memiliki aroma terapi yang kuat. Apalagi jika telah diolah, manfaat yang didapat sangatlah banyak. Salah satunya dapat menghilangkan ganguan bau badan.

Selain itu tanaman Nilam sering digunakan sebagai campuran obat-obatan di dunia medis. Karena pada dasarnya tumbuhan daun nilam sendiri memang memiliki manfaat sebagai tanaman obat tradisional sejak turun temurun.

Bahkan dibeberapa daerah banyak yang membudidayakan tanaman ini. Selain jarang dilirik para petani, karena tanaman ini tidak banyak orang tahu manfaat yang terkandung dalam tanaman ini. (Ds/gw)

Rekomendasi