Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Wednesday, June 2, 2021

Ternyata Pohon Bukan Penyumbang Oksigen Terbanyak di Bumi

Pohon bukan penyumbang oksigen terbanyak di bumi. Fot: fixabay.
Gemawilis -
Fotosintesis adalah proses tumbuhan mengubah sinar matahari menjadi makanan atau energi bagi tumbuhan itu sendiri. Dari proses fotosintesis itu mengasilkan oksigen yang nantinya bermanfaat untuk semua mahluk hidup.

Seperti kita ketahui, seluruh makhluk hidup di muka bumi membutuhkan oksigen untuk bernafas setiap waktu. Tanpa adanya oksigen, kehidupan di bumi pun akan terancam karena oksigen sangat penting.

Oleh karena itu mungkin banyak dari kita yang menganggap bahwa tumbuhan (pohon) menjadi salah satu sumber penghasil oksigen, padahal ada makhluk hidup lain yang menjadi sumber penghasil oksigen terbanyak di bumi.

Penyumbang oksigen terbanyak di bumi berasal dari laut, yang dihasilkan oleh mikro-organisme kecil yang bernama Fitoplankton. Para peneliti memperkirakan jika Fitoplankton dapat menghasilkan 50 hingga 85 persen oksigen untuk bumi. Sedangkan tumbuhan (pohon) hanya mampu menghasilkan sekitar 20 persenan saja.

Fitoplankton adalah organisme jenis plankton yang sering disebut mikroalga. Ia berperan sebagai indikator kontaminasi dan kualitas air serta produsen dalam rantai makanan karena mampu menyediakan makanan sendiri.

Fitoplankton memperoleh energi melalui proses fotosintesis, menyerap karbondioksida di atmosfer, dan mengubahnya menjadi oksigen. Sehingga mereka harus berada pada bagian permukaan-permukaan lautan, danau atau kumpulan air yang lain untuk mendapatkan cahaya.

Namun pertumbuhan Fitoplankton juga dapat berubah ubah secara musiman dan dapat dipengaruhi oleh nutrisi air, suhu, serta kondisi kesehatan lingkungan.

Oleh sebab itu menjaga dan menyelamatkan lingkungan di air (laut) sangatlah penting untuk menjaga oksigen di bumi. Namun demikian kita tidak harus menyepelekan keberadaan hutan, pohon, dan tumbuhan di bumi. (Tim/gw/sumber: sobat hijau)

Topik Lain